1 Syawwal 1442

Jamaah Haji Diimbau Perbanyak Minum karena Cuaca Panas

Rabu , 10 Jul 2019, 07:11 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Keberangkatan Calon Haji Jawa Barat. Sejumlah jamaah bersiap memasuki ruang keberangkatan di Asrama Haji Embarkasi di Bekasi, Jawa Barat, Senin (8/7).
Keberangkatan Calon Haji Jawa Barat. Sejumlah jamaah bersiap memasuki ruang keberangkatan di Asrama Haji Embarkasi di Bekasi, Jawa Barat, Senin (8/7).

IHRAM.CO.ID, SUNGAILIAT -- Petugas Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka, Gazali, mengimbau seluruh jamaah calon haji memperbanyak minum karena cuaca di Tanah Suci mencapai 45 derajat Celsius.

"Dari informasi yang kami dapatkan, cuaca di tanah suci Makkah saat ini mencapai 45 derajat Celsius," kata Gazali di Sungailiat, Selasa (9/7).

Tingginya cuaca di Tanah Suci itu dapat menjadi penyebab dehidrasi atau kekurangan cairan air dalam tubuh. Jamaah calon haji asal Kabupaten Bangka yang berjumlah 283 orang akan menempati pemondokan di Raudah atau sektor empat yang berjarak kurang lebih dua kilometer dari Masjid al-Haram.

"Saya ingatkan jamaah calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang tujuh bersama dengan sejumlah jamaah calon haji asal Kabupaten Bangka Tengah, hendaknya mengutamakan kesehatan," katanya.

Baca Juga

Kesehatan seluruh jamaah calon haji menjadi penting dilakukan karena selain ibadah ini membutuhkan fisik yang kuat, cuaca di tanah suci Makkah dalam kondisi cukup panas. "Saya sarankan berkoordinasi dengan petugas pendamping haji jika mengalami kendala termasuk masalah kesehatan terutama pada saat puncak pelaksanaan ibadah haji," kata Gazali.

photo

 

widget->kurs();?>