Jadi Amirul Hajj, Menag dan Tim akan ke Tanah Suci 30 Juli

Senin , 15 Jul 2019, 15:16 WIB Reporter :Syahruddin El-Fikri/ Redaktur : Hasanul Rizqa
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kanan) menyambut jamaah calon haji di asrama haji embarkasi Surabaya, Jawa Timur, Jumat (5/7/2019).
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kanan) menyambut jamaah calon haji di asrama haji embarkasi Surabaya, Jawa Timur, Jumat (5/7/2019).

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin akan memimpin delegasi amirul hajj dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji pada tahun ini.

 

“Selaku Menag, Bapak Presiden menetapkan saya sebagai amirul hajj untuk tahun ini,” ungkap Menag Lukman saat memimpin rapat delegasi amirul hajj dalam penyelenggaraan ibadah haji 1440H/2019M, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Senin (15/7), dikutip dari keterangan yang diterima Ihram.co.id.

Terkait

Penunjukkan amirul hajj sesuai dengan taklimatul hajj yang dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi. Untuk Indonesia, dalam beberapa tahun belakangan sosok menteri agama kerap menjadi amirul hajj. “Sejak beberapa tahun terakhir, memang Bapak Presiden menetapkan Menag sebagai amirul hajj,” kata dia.

Baca Juga

Sebagai amirul hajj, Menag didampingi anggota delegasi yang berjumlah 13 orang. Mereka terdiri atas dua orang naib (wakil), satu sekretaris,  delapan anggota, dan dua tim sekretariat. Mereka merupakan perwakilan dari ormas-ormas Islam.

“Saya menyampaikan terima kasih yang tiada terhingga. Apresisasi saya yang setinggi-tingginya kepada bapak-bapak sekalian, yang telah sudi memenuhi harapan kami untuk bergabung dalam delegasi amirul hajj tahun ini,” lanjut Menag.

Rombongan delegasi rencananya akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada 30 Juli 2019. Mereka akan kembali ke Tanah Air pada 18 Agustus 2019.

Hadir mendampingi Menag dalam rapat Delegasi Amirul Hajj, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nizar Ali, Direktur Bina Haji Khoirizi, Sekretaris Ditjen PHU Ramadhan Harisman, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim, dan Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini