Tingkatkan Pemahaman Ibadah Jamaah, Patuna Gelar Manasik

Ahad , 21 Jul 2019, 10:13 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Hasanul Rizqa
PT Patuna Mekar Jaya menggelar manasik untuk jamaah haji khusus dan haji furoda. Manasik digelar selama tiga hari (Jumat-Ahad) di Bogor Jawa Barat. Sabtu (20/7).
PT Patuna Mekar Jaya menggelar manasik untuk jamaah haji khusus dan haji furoda. Manasik digelar selama tiga hari (Jumat-Ahad) di Bogor Jawa Barat. Sabtu (20/7).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- PT Patuna Mekar Jaya menggelar manasik untuk jamaah haji khusus dan haji furoda. Manasik digelar selama tiga hari (Jumat-Ahad) di Bogor Jawa Barat.

 

Terkait

"Alhamdulillah hari Jumat sudah dimulai manasik untuk periode kedua paket colat dan paket biru. Manasik dilakukan sampai hari Minggu," kata Direktur Utama PT Mekar Jaya saat dihubungi Republika, Sabtu (20/7).

Baca Juga

Syam mengatakan, manasik sangat perlu dilakukan oleh setiap pengusaha penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK), sebelum memberangkatkan jamaahnya ke Tanah Suci. Manasik merupakan bagian dari pelayanan kepada jamaah.

Syam menambahkan, melalui pelaksanaan manasik, jamaah akan mendapat gambaran bagaimana tata cara melakukan ibadah haji dan umrah sesuai tuntunan syariat Islam.

"Karena tidak banyak bagi mereka yang sudah pernah umrah, apalagi haji," ujarnya.

Menurut Syam, sedikit sekali calon  jamaah haji khusus dan haji furoda yang dimiliki Patuna memahami tentang rukun dan wajib haji. Untuk itu kata Syam, manasik yang digelar ini bisa menambah pengetahuan para jamaah.

"Saya melihat sebenarnya mereka antara paham dan tidak paham. Karena mereka percaya sama kita, maka kita harus memberikan pelayanan sebaik-baiknya sesuai dengan syariat Islam," katanya.

Syam yang juga Ketua Umum Sapuhi mengaku bersyukur semua jamaah haji khusus dan haji furoda PT Patuna Mekar Jaya mengikuti kegiatan manasik. Saat ini kata dia 180 jamaah haji khusus dan haji furoda semuanya mengikuti manasik.

"Kurang lebih totalnya sekitar 180 jamaah yang mengikuti manasik," katanya.

Syam menyampaikan, tahun ini PT Patuna Mekar Jaya mendapat 207 jamah untuk diberangkatkatkan. Rinciannya 164 haji khusus terdiri dari 96 paket biru dan 68 paket coklat. Sementara untuk haji furoda sebanyak 42 jamaah.

Patuna menjadwalkan keberangkatan jamaah haji khusus dan haji furoda dipisahkan. Haji khusus dijadwalkan berangkat tanggal 23 dan 24 Juli 2019. Sementara untuk haji furoda tanggal 4 Agustus.

Seperti diketahui jamaah haji khusus asal Indonesia telah mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah, sekitar pukul 16.00 waktu Arab Saudi (WAS), Jumat (19/7). Tahun ini kuota haji khusus yang diberikan kepada biro atau travel penyelenggara ibadah haji dan umrah hanya terpenuhi 16.962 kuota dari total 17 ribu.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini