9 Rabiul Akhir 1442

Menhub: Jamaah Haji Berkebutuhan Khusus Dilayani dengan Baik

Ahad , 21 Jul 2019, 13:48 WIB Reporter :Fuji Eka Permana/ Redaktur : Hasanul Rizqa
(Ilustrasi) Jamaah calon haji menggunakan kursi roda.
(Ilustrasi) Jamaah calon haji menggunakan kursi roda.

IHRAM.CO.ID, TANGERANG -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau pemberangkatan calon jamaah haji 2019 di Terminal 2D, Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Ahad (21/7). Dia menyampaikan, calon jamaah haji berkebutuhan khusus dan lansia sudah ditangani dengan baik.

Budi berbicara dengan calon jamaah haji berkebutuhan khusus. Menurutnya, pelayanan pihak Bandara Soekarno-Hatta dan maskapai penerbangan terhadap mereka sudah baik karena memberikan perlakuan khusus.

"Saya tadi sempat bicara dengan mereka (calon jamaah haji yang berkebutuhan khusus), sangat baik (pelayanan) dari Soekarno-Hatta maupun Airlines (maskapai penerbangan)," kata Budi kepada Ihram.co.id di Bandara Soekarno-Hatta, Ahad (21/7).

Menhub menyampaikan, sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memberikan perlakuan khusus kepada calon jamaah haji yang berkebutuhan khusus. Dia mencontohkan, mereka yang berkebutuhan khusus diberi pelayanan agar melakukan boarding pass duluan.

Baca Juga

Selain itu, tempat pelayanan imigrasi untuk mereka dibuat pendek. Sehingga mereka tidak kesulitan, dan mereka menjadi lebih percaya diri karena tidak perlu berdiri. Pihak Arab Saudi juga menunjukan proses imigrasi bisa untuk mereka yang berkebutuhan khusus.

"Jadi ini kita apresiasi sekali, mereka (yang berkebutuhan khusus) jumlahnya cukup banyak, bisa 20 (orang) dalam satu penerbangan (dan bisa) ditangani dengan baik," ujarnya.

Budi juga mengungkapkan rasa senangnya melihat calon jamaah haji senang mendapatkan layanan yang baik. Kementerian Perhubungan berterimakasih kepada Angkasa Pura, kantor otoritas bandar udara, dan pihak Arab Saudi yang telah memberikan layanan baik kepada calon jemaah haji Indonesia.

 

widget->kurs();?>