Saudi Luncurkan Program Penyediaan Air Zamzam Jamaah Haji

Selasa , 23 Jul 2019, 13:13 WIB Reporter :Umi Nur Fadillah/ Redaktur : Agung Sasongko
Air Zamzam
Air Zamzam

IHRAM.CO.ID, DUBAI — Pemerintah Saudi meluncurkan program Al-Zamzami al Sagheer, Senin (22/7). Wakil Menteri Agama untuk Haji, Hussein al-Sharif mensponsori inisiatif dan program itu. Peluncuran program dilakukan di kantor Al-Zamazema.

 

Juru bicara kantor Al-Zamazema, Amir bin Faisal Obaid mengatakan inisiatif tersebut bertujuan menyediakan air Zamzam untuk jamaah haji. Air Zamzam berasal dari sumur Zamzam yang terletak di Masjid al-Haram di Makkah, Saudi.

Terkait

Dilansir di Arab News pada Selasa (23/7), peluncuran program itu menegaskan komitmen Arab Saudi menyediakan layanan berkualitas tinggi dan efisien pada jamaah haji. Hal itu sejalan dengan perintah Raja Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dan Putra Mahkota Mohammad bin Salman (MBS).

Layanan tersebut akan diberikan pada semua jamaah haji dari luar wilayah Kerajaan Arab Saudi (KSA). Inisiatif tersebut berada di bawah pengawasan Departemen Haji dan Umrah Saudi.

Kementerian Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Saudi memulai program distrbusi buku dan Alquran pada jamaah haji. Kementerian memberikan buku tentang ibadah ke Kerajaan, serta Alquran dan terjemahan maknanya.

Program itu bertujuan menyebarkan kesadaran dan mempromosikan kepatuhan terhadap metode kepercayaan, ibadah, dan perilaku yang benar. Wakil Sekertaris Departemen Urusan Publikasi dan Penelitian Cendekiawan, Sheikh Abdul Aziz bin Mohammed al-Hamdan mengatakan instansinya telah menyetujui penerbitan 52 buku dalam lebih dari 30 bahasa untuk musim haji tahun ini. Selain itu, lebih dari delapan juta salinan Alquran dan buku ritual didistribusiakan.

Al-Hamdan mengatakan perpustakaan elektronik Islam telah mengeluarkan sebuah platform berisi semua versi tertulis dan audio dari buku-buku Haji dan Umrah ke setiap bandara internasional di Kerajaan, beberapa pusat pelabuhan keluar, beberapa masjid, dan situs-situs penting. Platform itu tersedia di laman www.islamic-ebook.com.