14 Jumadil Akhir 1442

Calon Jamaah Haji Asal Jambi Terkena Gagal Ginjal

Jumat , 26 Jul 2019, 15:09 WIB Redaktur : Hasanul Rizqa
 Ilustrasi Jamaah Haji
Ilustrasi Jamaah Haji

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Seorang calon jamaah Haji dari Provinsi Jambi dirujuk ke Rumah Sakit Abdul Manaf, Kota Jambi. Dia yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 22 Embarkasi Batam itu diketahui mengalami gejala penyakit gagal ginjal.

"Iya, ada satu orang calhaj (calon jamaah haji) yang terpaksa kita rujuk ke Rumah Sakit Abdul Manaf karena sebagian organ tubuhnya seperti kaki dan tangan mulai membengkak, dan berdasarkan pemeriksaan calhaj itu memiliki riwayat penyakit ginjal, jantung dan diabetes melitus," kata Kasi Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemiologi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas III Jambi Andrian Lista Tarigan kepada Antara di Jambi, Jumat (26/7).

Calon haji itu berasal dari Kabupaten Batanghari, Jambi, dengan nomor porsi 201.50003995.

Untuk saat ini, keberangkatannya ke Arab Saudi masih berstatus tunda. Sebab, dia masih mendapatkan perawatan medis. Jika kondisi kesehatanannya membaik, calon jamaah haji itu kemungkinan akan diberangkatkan ke Arab Saudi bersama rombongan dari kloter lainnya.

Baca Juga

Tarigan menjelaskan, pihaknya kini masih terus memantau perkembangan kesehatan dari yang bersangkutan. Selain itu, saat ini pihak keluarganya juga telah mendampingi di rumah sakit.

"Selain mendapatkan perawatan dari rumah sakit, kita juga sudah menugaskan dokter dari KKP untuk memantau perkembangan kesehatannya," ujar Andrian Lista Tarigan.

Sementara itu, Kloter 22 Embarkasi Batam saat ini sudah berangkat menuju Arab Saudi dari Bandara Hang Nadim sekira pukul 10.00 WIB. Terdapat 446 orang calon jamaah haji yang tergabung dalam kloter 22 tersebut.

Dari 446 orang calon jamaah haji Kloter 22 dari Jambi, terdapat 193 orang laki-laki dan 253 orang perempuan. Adapun calon jamaah haji yang tergolong risiko tinggi berjumlah 190 orang.

Berdasarkan pemeriksaan akhir, terdapat tiga jenis penyakit yang terbanyak. Di antaranya adalah disorders of lipoprotein metabolism and other lipodaemias sebanyak 50 orang. Selanjutnya gout 23 orang dan penyakit essential hypertension sebanyak 21 orang.

Sementara itu, saat ini di asrama haji provinsi itu telah tiba calon jamaah haji Kloter 23 provinsi itu yang berasal dari Kabupaten Muaro Bungo dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Calon jamaah haji kloter tersebut akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada esok hari, Sabtu (27/7).

 

widget->kurs();?>