Petugas Haji Bagikan Ribuan APD kepada Jamaah

Jumat , 26 Jul 2019, 18:57 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Hasanul Rizqa
Anggota Tim Pertolongan Pertama Pada Jamaah Haji (P3JH) memberikan masker kepada jamaah haji asal Lombok di Masjid Al Haram, Jumat (19/7).
Anggota Tim Pertolongan Pertama Pada Jamaah Haji (P3JH) memberikan masker kepada jamaah haji asal Lombok di Masjid Al Haram, Jumat (19/7).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) 2019 bidang kesehatan sampai saat ini sudah membagi-bagikan lebih dari seribu alat pelindung diri (APD). APD itu terdiri atas rupa-rupa perlengkapan. Misalnya, sandal, masker, dan botol semprotan air. Tujuannya untuk mengupayakan pengendalian faktor risiko kesehatan.

 

"Sampai hari ini PPIH membagikan 1.683 boks masker, 1.420 botol semprot dan 2.148 pasang alas kaki," kata Kepala Bidang Kesehatan PPIH Arab Saudi Indro Murwoko kepada Ihram.co.id, Jumat (25/7) siang.

Terkait

Berdasarkan rekapitulasi data hingga Kamis (25/7) pukul 16.00 waktu Arab Saudi (WAS), jumlah jamaah haji asal Indonesia yang telah tiba di Arab Saudi sebanyak 136.268 orang. Mereka berasal dari 337 kelompok terbang (kloter).

Baca Juga

Indro menuturkan, pada hari ke-21 penyelenggaraan kesehatan haji, Tim Promotif Prepentif (TPP) sudah melakukan promosi kesehatan kepada lebih dari 200 kloter.

"Promosi kesehatan yang dilakukan di pondokan sebanyak 173 kloter, sedangkan (kepada) 66 kloter di pelataran masjid," katanya.

Indro memastikan setiap hari PPIH bidang kesehatan selalu melaporkan data dan informasi kepada Kepala Pusat Kesehatan Haji Eka Jusup Singka di Jakarta. Data tersebut selanjutnya dilaporkan kepada Menteri Kesehatan dan Sekretaris Jendral Kementerian Kesehatan (Kemenkes).