Haji Mabrur Menurut Aa Gym

Ahad , 28 Jul 2019, 15:45 WIB Redaktur : Agung Sasongko
KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym).
KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym).

IHRAM.CO.ID, Oleh Syahruddin El-Fikri, dari Madinah, Arab Saudi

 

MADINAH -- Setiap muslim yang melaksanakan ibadah haji pasti mendambakan haji yang mabrur. Seperti apa dan bagaimana Haji Mabrur itu, Dai kondang Kyai Haji Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym yang akrab disapa Aa Gym menjelaskannya saat memberikan tausiyah di hadapan sekitar 90 jamaah haji dari MQ Travel,  Sabtu (27/7)  sore.

Terkait

Menurut Aa Gym, Haji Mabrur adalah seorang muslim seseorang makin kuat tauhidnya. "Perbuatan yang tidak baik makin dikurangi. Ingat selalu kepada Allah dan Dia adalah tempat berlindung dan bersandar yang terbaik," ungkapnya.

Baca Juga

Yang kedua, kata Aa Gym, setiap muslim menjadi semakin baik pengetahuan agamanya. Man yuridillahu bihi khairan, yufaqqihhu fiddin, Siapa yang dikehendaki oleh Allah kebaikan maka dia akan dipahamkan agamanya.

"Jadi, haji mabrur itu adalah setiap jamaah haji makin memahami nilai-nilai agama dalam kehidupannya," ujarnya.

Aa Gym menambahkan menambahkan, siapa saja yang belum memahami hal-hal yang berkaitan dengan agamanya setelah dia berhaji, maka yang bersangkutan belum bisa dikategorikan sebagai orang yang telah mabrur.

"Kalau tidak bertambah pemahaman agamanya, biasanya hajinya juga belum tentu baik," mata dai asal Bandung ini.

Yang ketiga, kata Aa Gym, banyak melakukan riyadhah, kontemplasi, untuk tidak berbuat keburukan.

"Berbuat baik itu harus selalu dilatih dan memahami agama itu harus latihan, riyadhah. Sama kayak orang naik kuda dia juga harus berlatih agar nanti semakin mahir," jelas Aa Gym.