6 Rabiul Awwal 1442

Siti Aminah Wafat Setelah Berziarah di Jabal Rahmah

Rabu , 31 Jul 2019, 17:52 WIB Reporter :Syahruddin El-Fikri/ Redaktur : Hasanul Rizqa
 Ilustrasi Jamaah Haji
Ilustrasi Jamaah Haji

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Seorang jamaah haji diketahui meninggal dunia. Sebelumnya, jamaah yang berjenis kelamin perempuan itu sempat pingsan saat sedang berada di Jabal Rahmah, Makkah, Arab Saudi.

 

Ihram.co.id ikut dalam rombongan Media Center Haji (MCH) dan para petugas haji pada siang hari ini, Rabu (31/7), ke Jabal Rahmah. Saat dalam perjalanan, beredar kabar tentang seorang perempuan jamaah haji yang pingsan di atas bukit tersebut. Belakangan, jamaah tersebut diketahui bernama lengkap Siti Aminah Takrip Abu, asal Kelompok Terbang (Kloter) 63 Embarkasi Surabaya, Indonesia.

Baca Juga

Sebagai jamaah yang berusia lanjut, Siti tampak merasakan fisiknya tak cukup kuat menghadapi cuaca siang hari itu yang cukup panas. Pada akhirnya, dia jatuh pingsan. Sejumlah jamaah asal Indonesia, petugas haji, tim Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (P3JH), serta rekan-rekan MCH berupaya menurunkan Siti ke bawah bukit. Jalan landai dan berbatu membuat evakuasi ini berlangsung cukup dramatis.

photo

Petugas haji mengevakuasi Siti Aminah yang pingsan di Jabal Rahmah, Rabu (31/7). Siti Aminah akhirnya wafat setelah tiba di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah. (Dok. MCH)

Sejumlah petugas sempat menyemprotkan air ke wajah Siti. Hal ini agar dirinya dapat lebih tenang sehingga lekas siuman. Namun, hasil yang diharapkan tak kunjung tampak. Wajah Siti saat itu mulai pucat pasi. Bagaimanapun, petugas di lokasi terus berupaya memberikan pertolongan. Sejurus kemudian, Siti langsung dibawa ke dalam mobil ambulans, untuk selanjutnya dilarikan ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah.

Sesampainya di KKHI Makkah, Siti Aminah langsung mendapatkan perawatan intensif dari para dokter, perawat, dan tim kesehatan haji Indonesia (TKHI). Semua berupaya menyelamatkan sang pasien.

Namun, Allah berkehendak lain. Siti Aminah Takrip Abu berpulang ke rahmatullah. Almarhumah yang sempat menjejakkan kaki di Jabal Rahmah--barangkali didorong rasa cintanya kepada sejarah Islam, terutama kisah pertemuan Siti Hawa dan Nabi Adam AS--kini sudah tiada.

Menurut Meity Ardiana, spesialias jantung yang juga penanggung jawab KKHI Makkah, Siti Aminah sempat mengalami sesak nafas dan kecapaian. Apalagi, keadaan cuaca di Makkah siang hari ini yang panas. Hal itu membuat sang pasien sempat mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi.

Dengan berpulangnya Siti Aminah, maka sampai berita ini ditulis, jumlah jamaah haji Indonesia yang wafat menjadi 44 orang. Demikian hingga Rabu (31/7) siang pukul 13.00 waktu Arab Saudi (WAS).

 

widget->kurs();?>