15 Rabiul Awwal 1442

Tuan Rumah yang Memuliakan Tamu Allah di Tanah Suci

Kamis , 01 Aug 2019, 15:56 WIB Reporter :Muhammad Hafil/ Redaktur : Hasanul Rizqa
Jamaah haji Indonesia asal kloter 48 JKS sedang memanfaatkan fasilitas olahraga di Hotel 714 di kawasan Misfalah, Makkah, Senin (29/7). Pihak hotel memberikan sejumlah fasilitas tambahan kepada jamaah haji di luar kontrak yang disepakati dengan PPIH Arab Saudi.
Jamaah haji Indonesia asal kloter 48 JKS sedang memanfaatkan fasilitas olahraga di Hotel 714 di kawasan Misfalah, Makkah, Senin (29/7). Pihak hotel memberikan sejumlah fasilitas tambahan kepada jamaah haji di luar kontrak yang disepakati dengan PPIH Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Dua orang jamaah haji asal embarkasi Jawa Barat terlihat berpeluh di pusat kebugaran yang terletak di lobi Hotel Rizq Palace alias Hotel 714, kawasan Misfalah, Makkah, beberapa hari lalu. Keduanya merupakan pasangan suami istri yang sedang memanfaatkan sarana olahraga di sana.

 

Secara bergantian, mereka mencoba alat-alat kebugaran jasmani di sana. Sang suami menaiki sepeda statis, lalu melakukan latihan angkat beban. Di samping ruangan fitness itu, terdapat ruangan lain tempat meja pingpong berada, lengkap dengan bet dan bolanya.

Baca Juga

Selain jamaah haji, ada pula sejumlah petugas haji yang sedang main tenis meja. "Biar badan tetap segar," ujar Dwi Agustian, salah seorang petugas, kepada Ihram.co.id, beberapa hari lalu.

Masih di lobi hotel yang sama, puluhan botol air mineral ukuran 600 ml tersedia di atas meja resepsionis. Semua itu diperuntukkan bagi jamaah haji ketika kembali atau yang hendak keluar dari hotel. Bila habis, beberapa petugas hotel akan mengisinya kembali.

Tak jauh dari meja resepsionis, ada pula sepiring kurma yang ditaruh di atas nampan. Seperti halnya air mineral, kurma itu juga diberikan secara gratis kepada jamaah.

photo

Jamaah haji asal Kloter 21 BTH yang tinggal di Hotel 102, Syisah, Makkah, mengambil kurma gratis yang disediakan oleh pihak hotel, Rabu (31/7). Untuk memuliakan para tamu Allah tersebut, sejumlah hotel menyediakan fasilitas tambahan di luar kontrak yang disepakati dengan PPIH Arab Saudi. Di antaranya, menyediakan kurma gratis dan kue di jam-jam tertentu.

Ihram.co.id sudah lebih dari dua pekan mendatangi sejumlah hotel yang menjadi tempat jamaah haji asal Indonesia menginap. Fasilitas gym atau sajian gratis seperti di Hotel 714 juga kerap ditemui di hotel-hotel lainnya. Kadang kala, dalam beberapa waktu tertentu, pihak hotel menyajikan kue atau jus dalam kemasan. Jamaah tak perlu mengeluarkan uang untuk menikmatinya.

Pemilik Hotel Rizq Palace, Bassam Abdulrazzaq Wazuddin mengungkapkan, pihaknya memberikan sejumlah fasilitas cuma-cuma kepada jamaah haji Indonesia. Fasilitas ini di luar syarat atau kontrak yang telah ditentukan sebelumnya oleh PPIH Arab Saudi.

Misalnya, satu paket tas diberikan kepada jamaah yang baru pertama kali datang ke hotel tersebut. Isi tas itu macam-macam perlengkapan, semisal payung, tasbih, dan sajadah. Selain itu, pihaknya secara rutin harian juga menyediakan air zamzam dalam kemasan dan buah kurma.

Begitu jamaah tiba dan menginap di hotel ini, lanjut dia, mereka boleh mengikuti tur kota (city tour) atau ziarah ke sejumlah situs bersejarah di Makkah.

Selain itu, pihak hotel juga mempersiapkan imam shalat lima waktu yang telah berijazah dari pemerintah Arab Saudi. Bahkan, sang imam menerapkan kebiasaan ibadah yang biasa dijalankan masyarakat Indonesia. Misalnya, pembacaan zikir dan doa dengan suara yang terdengar setelah shalat. Padahal, di masjid-masjid Arab Saudi umumnya hal itu tidak berlaku.

Pihak hotel juga mendatangkan guru-guru mengaji. Mereka diutus untuk mengajarkan jamaah haji Indonesia yang belum lancar membaca Alquran atau yang sekadar ingin memperbaiki bacaan.

Fasilitas lainnya adalah, pihak hotel menyediakan studio untuk jamaah haji berfoto bersama. Pakaian ihram atau pakaian khas Arab Saudi juga disediakan pihak hotel sebagai kostum. "Ini untuk kenang-kenangan," kata Bassam.

Demikianlah beberapa pelayanan yang diberikan kepada jamaah haji Indonesia yang menginap di hotelnya. Bassam mengatakan, melayani jamaah haji adalah pekerjaan yang mulia. "Kemuliaan ini adalah amanat yang harus dijaga," ujar dia.

Bassam memiliki tiga unit hotel yang sudah dikontrak PPIH Arab Saudi sebagai tempat jamaah haji asal Indonesia menginap. Semua hotelnya terletak di kawasan Misfalah yang umumnya diperuntukkan baggi jamaah haji asal Embarkasi JKS (Jakarta Bekasi/Jawa Barat).

Dia mengaku sangat senang dengan jamaah haji asal Indonesia. Sebab, menurut dia, mereka sangat tertib dan teratur.  "Jamaah Indonesia top markotop," kata Bassam yang menghafalkan kata-kata bahasa Indonesia itu sejak beberapa hari terakhir.

 

widget->kurs();?>