10 Rabiul Awwal 1442

Semangat Harahap dan Calhaj Lansia Berhaji ke Tanah Suci

Sabtu , 03 Aug 2019, 03:04 WIB Redaktur : Nashih Nashrullah
 Ribuan jamaah haji ke luar dari Masjidil Haram seusai melaksanakan shalat Isya, Makkah, Rabu (31/7). Mereka bersegera ke Terminal Syib Amir untuk naik ke bus yang akan membawa mereka ke pemondokan.
Ribuan jamaah haji ke luar dari Masjidil Haram seusai melaksanakan shalat Isya, Makkah, Rabu (31/7). Mereka bersegera ke Terminal Syib Amir untuk naik ke bus yang akan membawa mereka ke pemondokan.

IHRAM.CO.ID, MEDAN— Mangaraja Sutan Harahap Bin Sutan Singengu (70) seorang jamaah haji asal Kabupaten Padang Lawas Utara yang tergabung pada Kelompok Terbang (Kloter) 20 Embarkasi Medan, Sumatra Utara, dengan penuh semangat menunaikan ibadah haji ke tanah suci Makkah.

 

"Saya sepertinya sedang berada di tanah suci Makkah melaksanakan rukun haji tersebut," kata Mangaraja, di Asrama Haji Medan, Jumat (2/8).

Baca Juga

Niat menunaikan ibadah haji tersebut, menurut dia, sudah cukup lama, namun baru tahun ini dapat terkabul. "Alhamdulillah berkat Allah SWT, saya beserta istri Bahati Siregar Binti Lobe Siregar (68) dapat berangkat ke Makkah," ujarnya.

Mangaraja menunggu selama delapan tahun untuk berangkat ke Makkah. Waktu delapan tahun itu dipergunakan untuk menabung dari hasil kebun sawit di Kabupaten Padang Lawas Utara. "Jadi, saya berangkat ke tanah suci tidak menjual kebun sawit, melainkan hanya menabung," katanya.

Sebanyak 388 calon haji Kloter 20 Embarkasi Medan, 311 orang dari Kabupaten Padang Lawas Utara, 68 orang dari Kota Medan, dan seorang dari Kota Binjai.

Rombongan jamaah haji tersebut diberangkatkan Wakil Bupati Padang Lawas Utara Hariro Harahap. 

Panitia mencatat calon haji dengan usia tertua, Dalena Jamalea Siregar (89) dan Datuk Panusunan Jaronggur (89), berasal dari Kabupaten Padang Lawas Utara, sedangkan termuda, Niati Mustika Nasution (27), juga berasal dari Kabupaten Padang Lawas Utara.

Jamaah calon haji dari Kloter 20 Embarkasi Medan akan tinggal di wilayah Syisyah I Makkah dengan Nomor Maktab 113 Sektor I. Jamaah haji tersebut, berangkat ke Makkah melalui Bandara Udara Internasional Kuala Namu,Deli Serdang, Sumatra Utara, Jumat (2/8), sekitar pukul 10.15 WIB.

Data Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, total warga Sumatera Utara yang menunaikan ibadah haji pada 2019 berjumlah 8.641 orang.*

 

 

 

widget->kurs();?>