7 Syawwal 1442

Jamaah Haji Berangsur-angsur Tinggalkan Mina

Rabu , 14 Aug 2019, 15:18 WIB Reporter :Syahruddin El-Fikri/ Redaktur : Hasanul Rizqa
Jamaah berkumpul untuk bermalam di Mina guna menjalankan salah satu rukun di Mekkah, Arab Saudi, Minggu (11/8/2019).
Jamaah berkumpul untuk bermalam di Mina guna menjalankan salah satu rukun di Mekkah, Arab Saudi, Minggu (11/8/2019).

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Secara berangsur-angsur, jamaah haji asal Indonesia yang melaksanakan nafar tsani, mulai meninggalkan Mina. Sebab, mereka telah selesai menunaikan jumrah ula, wustha, dan aqabah pada hari ini, Rabu (14/8).

Jamaah Indonesia umumnya melaksanakan jumrah ula, wustha, dan aqabah pada pukul 01.00 dinihari. Kemudian sebagian di antaranya langsung kembali ke Maktab dan sebagian lagi ada yang langsung ke hotel atau pemondokan, khususnya yang terdekat dengan Mina.

"Alhamdulillah, untuk nafar tsani, sudah ada yang diberangkatkan ke penondokan di Makkah," kata Akhmad Jauhari, Kepala Satuan Tugas (Satgas) Mina, Rabu (14/8).

Lebih lanjut Jauhari mengatakan, jamaah terus bergelombang berangkat ke Makkah dan meninggalkan Mina.

Baca Juga

"Tadi sekitar pukul 06.45 waktu Arab Saudi sudah ada pemberangkatan jamaah dari maktab di Mina menuju pemondokan jamaah di Makkah," terangnya.

Hal senada juga disampaikan ketua sektor 5 Daker Madinah, Khalilurrahman. "Sejak dinihari tadi, jamaah sebagian sudah meninggalkan Mina," ujarnya.

Ia menambahkan, pantauannya di pos 9 Jamarat, warga atau jamaah haji Indonesia yang melaksanakan jumrah sudah sepi. "Sudah sangat sepi dari jamaah kita," paparnya.

Sebagaimana diketahui, pada Rabu (14/8) ini merupakan hari tasyrik terakhir, yakni bertepatan dengan tanggal 13 Dzulhijjah. Hari ini pun menjadi batas akhir pelemparan jumrah, mulai dari jumrah ula, wustha, hingga aqabah.

Sebelumnya, jamaah haji yang melaksanakan nafar awal, sudah lebih awal kembali dari Mina menuju pemondokan di Makkah. Bahkan, sebagian sudah melaksanakan ibadah di Masjid al-Haram.

 

widget->kurs();?>