16 Rabiul Akhir 1442

Selama Musim Haji, Masjid Al-Haram Dibersihkan 4 Kali Sehari

Jumat , 16 Aug 2019, 11:48 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Ani Nursalikah
Sejumlah petugas kebersihan sedang membersihkan lantai di halaman Masjid al-Haram, Rabu (7/10) dini hari.
Sejumlah petugas kebersihan sedang membersihkan lantai di halaman Masjid al-Haram, Rabu (7/10) dini hari.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Masjid al-Haram dipenuhi jutaan umat Muslim dari berbagai belahan dunia setiap musim haji setiap tahun. Menjaga kebersihan masjid merupakan hal yang sangat penting agar jamaah tetap nyaman beribadah.

Namun, membersihkan dan membuat aroma Masjid al-Haram tetap harum bukanlah hal mudah. Selama musim haji, Masjid al-Haram serta halamannya dibersihkan empat kali dalam sehari.

photo

Petugas Kebersihan Masjid al-Haram membersihkan pelataran Ka'bah. Lantai dibersihkan tiga kali sehari untuk menjaga kebersihan dan kesucian.

Baca Juga

Dilansir di Arab News, Jumat (16/8), pemerintah Arab Saudi berkomitmen menjaga kebersihan masjid dengan mengerahkan lebih dari 4.000 pekerja. Mereka bekerja sepanjang waktu menyediakan tempat yang nyaman dan bersih bagi jamaah dalam beribadah.

Sementara itu, lebih dari 3.000 liter produk pembersih dan 600 liter air mawar digunakan setiap hari. Selain itu, ada lebih dari 4.800 alat dan mesin yang juga digunakan membersihkan masjid.

Pada pelaksanaan haji tahun ini, jumlah jamaah yang datang ke Tanah Suci mencapai 2.489.406. Dari jumlah tersebut, 1.855.027 jamaah berasal dari luar Kerajaan dan 634.379 berasal dari dalam negeri Saudi.

photo

Petugas Kebersihan Masjid al-Haram membersihkan pelataran Ka'bah. Lantai dibersihkan tiga kali seharii untuk menjaga kebersihan dan kesucian.

 

widget->kurs();?>