Kloter 1 Embarkasi Padang Tiba di Tanah Air

Senin , 19 Aug 2019, 12:12 WIB Reporter :Febrian Fachri/ Redaktur : Agung Sasongko
393 jamaah haji dari Embarkasi Padang dalam Kloter I sudah berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Ahad (7/7) menuju Bandara International Abdul Aziz Madinah I
393 jamaah haji dari Embarkasi Padang dalam Kloter I sudah berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Ahad (7/7) menuju Bandara International Abdul Aziz Madinah I

IHRAM.CO.ID,PADANG — Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bidang Pelaksanaan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kemneterian Agama Sumbar Efrizal mengatakan kelompok terbang (kloter) 1 jamaah haji embarkasi Padang sudah kembali ke tanah air dengan selamat. Kloter satu ini berisikan 399 jamaah asal Kota Padang.

 

"Jumlah yang sama saat diberangkatkan 40 hari lalu kini sudah kembali dalam keadaan sehat dan tak ada yang meninggal dunia," kata Efrizal, Ahad (18/8).

Terkait

Kloter 1 Embarkasi Padang ini terdiri dari 168 jamaah pria, 217 jamaah wanita, 5 orang petugas kloter dab tiga sisanya adalah Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD). Begitu jamaah tiba di Asrama Haji Embarkasi Padang, mereka disambut dengan lantunan shalawat badar dan pengalungan bunga dari perwakilan Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI).

Baca Juga

Setelah disambut di Asrama Haji Padang, para jamaah kemudian kembali ke kediaman masing-masing. Jamaah kloter 1 Embarkasi Padang ini diberangkatkan dari Arab Saudi kemarin, Sabtu (17/8) malam WIB.

Mereka tiba di Bandara Internasional Minangkabau pada Ahad (18/8) pagi WIB tepatnya pukul 6.44 WIB. Menurut Efrizal, Jumlah Jamaah Haji Embarkasi Padang Tahun 1440 H yang berangkat menunaikan ibadah ketanah suci sebanyak 7.001 orang dengan rincian Jamaah Sumatera Barat 4993 oarang, Jamaah Bengkulu 1.918 orang dengan 90 orang petugas kloter.

Hingga tanggal 18 Agustus ini sudah terdapat 12 orang jamaah haji yang meninggal dunia di Tanah Suci, yang terdiri dari 7 orang jamaah asal Sumatera Barat dan 5 orang Jamaah asal Bengkulu. Kabag TU Biro Bina Mental dan Kesra Provinsi Sumbar Jumaidi bersyukur jamaah kloter I kembali ke tanah air dengan selamat.

Jumaidi menyebut Pemprov mendukung agar pelayanan ibadah haji terutama di Sumbar dilakukan dengan baik. Karena perjalanan haji merupakan bagian dari pembangunan dalam urusan keagamaan.

"Supaya Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah dapat dilaksanakan dengan baik," ujar Jumaidi. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini