10 Ramadhan 1442

16 Kloter Nikmati Layanan Program Iyab di Bandara Jeddah

Rabu , 21 Aug 2019, 00:57 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Hasanul Rizqa
Jamaah haji Indonesia melintasi gambar Masjidil Haram di ruangan tunggu terminal dengan fasilitas Eyab di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.
Foto : Darmawan/Republika/MCH2019
Jamaah haji Indonesia melintasi gambar Masjidil Haram di ruangan tunggu terminal dengan fasilitas Eyab di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Proses pemulangan jamaah haji dinilai menjadi lebih cepat dan mudah berkat program Iyab yang digagas oleh oleh Otoritas Umum untuk Penerbangan Sipil Arab Saudi (GACA).

Kepala PPIH Daerah Kerja Bandara Arsyad Hidayat menuturkan, layanan Iyab telah dimulai saat kepulangan jamaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 04 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) pada Sabtu (17/8) lalu. Kloter ini menjadi yang pertama menikmati inisiatif Iyab.

Ia mengatakan, inisiatif ini terbilang baru dan merupakan rangkaian dari program Modernisasi Layanan Haji yang diusung Pemerintah Arab Saudi.

Adapun masa pemulangan jamaah haji asal Indonesia, baik yang melalui Jeddah ataupun Madinah, dimulai pada 17 Agustus 2019 hingga 15 September 2019. Pada musim haji tahun ini, inovasi Iyab hanya dilakukan di Bandara Internasional King Abdulaziz (KAIA), Jeddah.

Saat ini, baru tiga negara yang sudah dipastikan menjadi pilot project untuk mendapatkan inovasi pemulangan Iyab, yaitu Indonesia, India, dan Malaysia. Untuk Indonesia sendiri, Arsyad menjelaskan ada 16 kloter yang menikmati inisiatif Eyab ini. Jamaah tersebut berasal dari embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) dan Surabaya (SUB).

"Yang mendapat layanan Eyab hanya 16 kloter baik yang mendarat di bandara Soekarno-Hatta (CGK) dan Surabaya (SUB)," kata Arsyad, melalui pesan elektronik kepada Republika.co.id, Selasa (20/8).

Arsyad menuturkan, pemulangan jamaah haji Indonesia yang mendapat layanan dari inisiatif Iyab ini berlangsung sejak 17 Agustus 2019 hingga 28 Agustus 2019.

Hingga Selasa (20/8), ada sebanyak lima kloter jamaah haji yang mendapat layanan ini. Kloter tersebut adalah Kloter 04 Embarkasi JKS, Kloter 04 Embarkasi SUB, dan Kloter 11 Embarkasi JKS. Kemudian, pada Selasa (20/8), ada dua kloter yang dipulangkan ke Tanah Air yang turut menikmati inovasi Iyab di bandara Jeddah, yakni Kloter 14 Emberkasi JKS dan Kloter JKG5/15a dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede. Arsyad mengatakan, Kloter JKG5 ini diisi jamaah yang diangkut oleh maskapai Saudi Airlines.

Selanjutnya, kloter yang menikmati inovasi Eyab dari embarkasi JKS adalah Kloter 16, 18, 19, 20, 24, 26, dan 30. Adapun Embarkasi SUB di antaranya adalah Kloter 25, 32, 34, 36.