27 Ramadhan 1442

4.000 Siswa TK di Padang Ramaikan Latihan Manasik Haji

Kamis , 22 Aug 2019, 21:54 WIB Redaktur : Nashih Nashrullah
Sejumlah murid Taman Kanak-Kanak mengikuti manasik haji (ilustrasi)
Sejumlah murid Taman Kanak-Kanak mengikuti manasik haji (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, PADANG— Sebanyak 4.000 siswa taman kanak-kanak (TK) mengikuti latihan manasik haji yang diadakan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTK) PGRI Kota Padang di Taman Imam Bonjol Kota Padang.

Ketua IGTK PGRI Kota Padang, Yennita, di Padang, Kamis (22/8), mengatakan kegiatan tersebut untuk mengenalkan tentang tata cara mengamalkan rukun Islam yang kelima, yakni naik haji kepada anak-anak sejak dini.

"Selain itu supaya anak-anak bisa mengenal tentang tata cara berhaji seperti melempar jamrah, berlari-lari kecil, mengelilingi ka’bah," kata dia.

Dia mengatakan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan latihan manasik haji pada tahun ini menurun, hanya 4.000 peserta dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu 8.000 anak. "Karena di beberapa sekolah juga mengadakan manasik haji," ujar dia.

Baca Juga

Latihan manasik haji juga dimeriahkan dengan kegiatan pendukung lainnya, berupa lomba mewarnai dan tari massal yang diadakan setiap tahun. Tahun ini kegiatan latihan manasik haji diikuti 10 kecamatan di Kota Padang, yakni Kecamatan Padang Utara, Kecamatan Selatan, Kecamatan Kuranji, Kecamatan Padang Barat, dan Kecamatan Koto Tangah.

"Kegiatan ini diadakan selama dua hari pada hari ini dan besok diikuti lima kecamatan, yakni Kecamatan Lubek, Nanggalo, Pauh, Luki, Padang Timur," katanya. Dia berharap, kegiatan tersebut terus berkembang, sedangkan sekolah yang belum tertarik supaya ikut bergabung bersama dalam latihan manasik haji itu."Kegiatan ini merupakan salah satu pengajaran yang baik untuk anak-anak," kata orang tua siswa yang tengah mendampingi anaknya pada kegiatan latihan manasik haji itu.

 

 

 

 

widget->kurs();?>