21 Rajab 1442

Paspor Jamaah Haji Hilang, Jangan Khawatir PPIH Siapkan SPLP

Sabtu , 31 Aug 2019, 09:54 WIB Reporter :Syahruddin El Fikri/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Petugas mendata paspor jamaah calon haji kloter 56 saat tiba di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (31/7).
Petugas mendata paspor jamaah calon haji kloter 56 saat tiba di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (31/7).

IHRAM.CO.ID, MADINAH—Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2019 menyiapkan administrasi pengganti atas dokumen identitas tercecer milik jamaah. Khususnya yang terkait dengan paspor jamaah haji.

“Tujuan disiapkannya dokumen pengganti ini seandainya ada paspor jamaah yang tercecer atau terselip saat akan berangkat, sehingga yang bersangkutan bisa tetap melanjutkan kepulangannya ke Tanah Air walaupun paspornya belum ditemukan,” kata Akhmad Jauhari, kepala Daker Madinah, Jumat (30/8) di Madinah.  

Surat pengganti dokumen tercecer itu, kata Jauhari, adalah surat perjalanan laksana paspor (SPLP). “SPLP ini untuk antisipasi seandainya ada dokumen atau paspor jamaah yang tidak diketemukan. Tetapi sampai saat ini, Alhamdulillah, semuanya selalu lengkap,” kata dia.

Jauhari mengatakan, SPLP itu diterbitkan Kantor Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Jeddah. “Untuk antisipas ketika ada dokumen paspor jamaah yang terselip atau hilang, kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak perwakilan yang ada di Jeddah untuk proses penerbitan SPLP,” kata Jauhari.  

Baca Juga

Harapannya, kata dia, koordinasi tersebut untuk memberitahukan kemungkinan terburuk bila ada kendala yang dialami jamaah haji, khususnya jamaah yang kehilangan dokumen. “SPLP itu nantianya akan ditulis sesuai dengan jadwal keberangkatannya,” lanjutnya.

SPLP ini juga terkait dengan boarding pass jamaah haji. “Jadi, bila ada yang bermasalah, kami sudah menyiapkan personel untuk pencetakan ulang boarding pass, dan kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak maskapai,” kata Jauhari.

 

 

 

 

widget->kurs();?>