6 Rabiul Awwal 1442

Saat Imam Ahmad Bin Hanbal Tersesat Saat Naik Haji

Kamis , 26 Dec 2019, 04:00 WIB Redaktur : Muhammad Hafil
Saat Imam Ahmad bin Hanbal Tersesat saat Naik Haji. Foto: Jamaah haji tempo dulu menggunakan angkutan kapal laut (ilustrasi).
Saat Imam Ahmad bin Hanbal Tersesat saat Naik Haji. Foto: Jamaah haji tempo dulu menggunakan angkutan kapal laut (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Imam Ahmad bin Hanbal atau yang juga dikenal dengan nama Imam Hambali merupakan salah satu imam dalam fikih Islam. Mazhabnya dikenal dengan nama mazhab Ahmad bin Hanbal atau mazhab Hambali.

 

Baca Juga

Imam yang dikenal sebagai pakar fikih, hadis, dan teologi dalam Islam itu lahir di Mary, Turkmenistan pada 780 M dan meninggal di Baghad pada 855 M. Semasa hidupnya, dia pernah menunaikan ibadah haji ke Makkah sebanyak lima kali.

"Aku menunaikan haji sebanyak lima kali, tiga di antaranya dengan berjalan kaki," kata Imam Ahmad bin Hanbal seperti dikutip dalam buku Biografi Empat Imam Mazhab karangan Syekh Abdul Aziz Asy-Syinawi terbitan Beirut Publishing.

Ahmad bin Hanbal pertama kali menunaikan haji pada tahun 187 H. Setelah itu dia kembali lagi menunaikan ibadah haji pada 191 H.

Kemudian, dia kembali berhaji pada 196 H dan menunaikan lagi pada 198 H.

Selama hajinya itu, dia pernah memiliki pengalaman tersesat. Meskipun, dia menuju Makkah berjalan kaki.

"Di antara perjalanan haji itu, aku pernah tersesat, padahal saat itu aku berjalan kaki. Aku pun berkata, 'Wahai hamba-hamba Allah! Tunjukkan jalanku'. Aku tidak berhenti mengucapkan kata-kata itu, hingga aku kembali menemukan jalan yang benar."

 

widget->kurs();?>