3 Rabiul Awwal 1442

Jamaah Sambut Baik Penerbangan Umrah dari Kertajati

Rabu , 08 Jan 2020, 13:52 WIB Reporter :Lilis Sri Handayani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Jamaah Sambut Baik Penerbangan Umrah dari Kertajati. Foto:  Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.
Jamaah Sambut Baik Penerbangan Umrah dari Kertajati. Foto: Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

IHRAM.CO.ID, MAJALENGKA -- Salah seorang calon jamaah umrah dari Kanomas Tour & Travel asal Kabupaten Karawang, Andrianto, mendukung penerbangan umrah melalui BIJB Kertajati. Sebelumnya dia sudah empat kali umrah melalui Bandara Soekarno Hatta.

 

‘’BIJB sangat strategis dan bagus sekali. Kalau berangkat melalui Bandara Soekarno Hatta, kita harus melewati lalu lintas yang padat. Sedangkan lalu lintas menuju BIJB lancar, jadi waktunya lebih efisien,’’  kata Andrianto, Rabu (8/1).

Baca Juga

Penerbangan umrah melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, mulai dibuka kembali setelah dua tahun sebelumnya sempat terhenti. Penerbangan perdana umrah dari bandara itu dilaksanakan pada Rabu (8/1).

 

Penerbangan umrah tersebut digelar oleh maskapai Citilink, yang menggandeng BNI Syariah bekerjasama dengan BIJB Kertajati, Pemprov Jawa Barat, PT Angkasa Pura 2 dan Kanomas Tour & Travel.

Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo, mengatakan, penerbangan umrah dengan rute Kertajati-Jeddah itu merupakan bentuk tindak lanjut dari arahan Kementerian Perhubungan.

‘’Umrah perdana lewat BIJB Kertajati itu juga sebagai dukungan perusahaan terhadap program pemerintah yang sudah menetapkan Kertajati sebagai Bandara Embarkasi Haji tahun 2020 untuk jamaah asal Provinsi Jawa Barat,’’ ujar Juliandra.

Dalam penerbangan perdana tersebut, Citilink menerbangkan sekitar 108 jamaah umrah, dengan jadwal take off pukul 09.30 WIB.

Direktur Niaga Citilink, Benny Rustanto, menambahkan, Citilink dapat menjadi solusi untuk penerbangan umroh, khususnya untuk masyarakat Jabar dan Jateng bagian barat. Dia berharap, BIJB bisa menarik jamaah umroh yang lebih banyak lagi.

‘’(Penerbangan umroh dari BIJB) saat ini masih sekitar sebulan dua sampai tiga kali. Kita targetnya (penerbangan umroh) menjadi setiap hari berangkat dari sini (BIJB),’’ terang Benny.

Selain melakukan penerbangan perdana umrah, acara tersebut juga dirangkaikan dengan peluncuran program Umrah Berkah Hasanah dari BNI Syariah. Dalam hal ini, BNI Syariah berperan sebagai penyedia jasa keuangan syariah melalui program dan fasilitas pembayaran, di antaranya tabungan dan pembiayaan.

Pemimpin Divisi Haji dan Umrah BNI Syariah, Endang Rosawati, mengungkapkan,  peluncuran program Umroh Berkah Hasanah di BIJB itu bertujuan untuk membantu masyarakat mewujudkan impian ke Tanah Suci.

‘’Kami berikan fasilitas yang mudah, layanan terbaik dan harga terjangkau,’’ tegas Endang.

Endang menambahkan, program itu juga sejalan dengan semangat BNI Syariah, yaitu Embracing New Opportunities dalam hal Halal Tourism. Apalagi, bisnis haji umroh merupakan potensi besar untuk pasar Indonesia, sehingga BNI Syariah dengan itu memaksimalkan potensi Halal Tourism.

Direktur Utama BIJB, Salahudin Rafi, mengatakan, penerbangan umrah perdana oleh Citilink itu membuka kembali rute umrah yang sebelumnya sempat terhenti.  Dia menilai, kepercayaan Citilink menunjukan kesiapan bandara tersebut melayani penerbangan internasional.

‘’Kami siap melayani penerbangan haji 2020 dan penerbangan umrah. Inagurasi penerbangan umrah perdana Citilink itu bukti kesiapan kita menggelar penerbangan internasional,’’ tegas Salahudin.

Eksekutif Jenderal Manager BIJB, Ibut Astono, mengaku bersyukur penerbangan umroh dilakukan kembali dari BIJB Kertajati. Dia menyatakan, pihaknya siap memberikan pelayanan yang terbaik bagi para calon jamaah umrah. 

‘’Layanan penerbangan umrah di BIJB Kertajati ini perlu diviralkan sehingga masyarakat Jabar dan Jateng wilayah barat bisa mengetahui informasi ini,’’ tutur Ibut.

Tidak hanya penerbangan umrah, lanjut Ibut, embarkasi dan debarkasi haji 2020 untuk Jawa Barat juga akan dilakukan di BIJB Kertajati. Penetapan itu ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Menteri Agama tentang Penetapan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sebagai Embarkasi/Debarkasi Haji oleh Menteri Agama, Fachrul Razi, kepada Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, Selasa (7/1).

 

‘’Terima kasih kepada Citilink dan BNI Syariah yang sudah menginisiasi penerbangan umroh dari BIJB,’’ kata Ibut.

 

 

widget->kurs();?>