11 Safar 1442

Masjid Jami Kampung Baru, Tertua dan Sarat Nilai Sejarah

Ahad , 19 Jan 2020, 09:20 WIB Jurnalis : Sadly Rachman
Foto : Republika TV/Muhammad Rizki Triyana
Ibadah shalat di Masjid Jami Kampung Baru

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Jami Kampung Baru merupakan salah satu masjid tertua di Jakarta Utara. Masjid ini masuk dalam salah satu cagar budaya Jakarta.

 

Masjid ini tengah dipugar oleh pihak pengurus dan diharapkan eksistensinya akan tetap terjaga. Terlebih, keberadaannya yang memiliki nilai sejarah cukup tinggi untuk wisata religi di kota Jakarta.

Masjid ini dulunya di Bangun pada 1748 oleh Syekh Abu bakar yang berasal dari India-Pakistan. Menurut Ketua Pengurus Masjid Jami Kampung Baru, Ahmad Mufik, dahulu tempat ini terkenal dengan istilah mushola. Para warga negara India dulu sering menunaikan salat di sini. Namun, saat ini mushola tersebut lebih terkenal dengan Masjid Jami Kampung Baru.

Bangunan masjid ini berbentuk persegi dengan atap lima bersusun/bertumpang. Seperti masjid-masjid tradisional. Ruang utama masjid ini memiliki empat tiang menjulang sebagai penopang atap. Untuk menjaga kualitas keasliannya jendela masih tetap menggunakan bahan baku kayu. Yang menarik adalah mimbar pada masjid yang kini telah dibawa ke Museum Fatahillah karena dinilai sebagai salah satu artefak bersejarah.

Ahmad berharap dengan adanya renovasi ini dapat meningkatkan kegiatan di masjid jami kampung baru seperti pengajian untuk usia dini, remaja dan lain hal sebagainya.

Berikut video lengkapnya.

 

 

Videografer | Muhammad Rizki Triyana

Video Editor | Wisnu Aji Prasetiyo

BERITA LAINNYA