Kemenag Sulut Gandeng FKAPHI dan IPHI Gelar Manasik

Senin , 27 Jan 2020, 17:27 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Ani Nursalikah
Kemenag Sulut Gandeng FKAPHI dan IPHI Gelar Manasik . Manasik haji (ilustrasi).
Kemenag Sulut Gandeng FKAPHI dan IPHI Gelar Manasik . Manasik haji (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Utara menggandeng Pengurus Wilayah Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (PW FKAPHI) Sulut serta Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kotamobagu.

 

Terkait

Kerja sama ini dilakukan untuk melaksanakan program manasik haji sepanjang tahun yang juga menjadi inovasi haji kemenag tahun ini. Program manasik tersebut diawali dengan jalan sehat untuk melatih jamaah memiliki ketahanan fisik yang kuat sebelum melaksanakan ibadah haji. Adapun kegiatan manasik ini dihadiri 135 jamaah haji.

Baca Juga

Ketua PW FKAPHI Sulut, Wahyuddin Ukoli mengatakan kegiatan manasik dan jalan sehat ini merupakan modal bagi jamaah untuk mempersiapkan mental dan pemantapan niat. "Materi manasik akan menitikberatkan pada persiapan mental dan pemantapan niat haji hanya karena Allah," ujar Wahyuddin dalam keterangan yang didapat Republika.co.id, Senin (27/1).

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kota Kotamobagu, Moh Sahran Noor Gonibala menyebut 135 jamaah yang mengikuti manasik ini adalah mereka yang akan menunaikan ibadah haji pada 2020. " Sebanyak 135 jamaah ini telah selesai melakukan pemeriksaan kesehatan dan selesai mengurus paspor," ucapnya.

Ia juga menyebut semua proses bagi jamaah sudah dilakukan lebih awal. Hal ini dilakukan untuk mendukung kebijakan inovasi haji 2020 serta memudahkan penyusunan kloter berbasis wilayah. Sekretaris IPHI Kota Kotamobagu, Irmanto Usuli mengapresiasi kegiatan pencanangan manasik haji sepanjang tahun ini. Ia menyambut baik atas kerja sama yang dijalin antara IPHI, FKAPHI Sulut, serta Kemenag Kota Kotamobagu.

Usai melaksanakan jalan sehat, kegiatan dilanjut dengan kegiatan manasik. Pemberi materi yang dilakukan oleh Ketum PW FKAPHI memaparkan perihal proses perjalanan ibadah haji.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini