Daftar Istilah dan Singkatan Haji - Umrah dari Huruf S

Rabu , 29 Jan 2020, 04:00 WIB Redaktur : Muhammad Hafil
Daftar Istilah dan Singkatan Haji - Umrah dari Huruf S. Foto: Ribuan jamaah melaksanakan sai antara Bukti Shafa dan Marwah, Sabtu (17/8). Pelaksanaan sai ini dilakukan jamaah yang mengambil umrah sunnah atau membadalkan umrah untuk orang tua atau saudara yang telah meninggal dunia.
Daftar Istilah dan Singkatan Haji - Umrah dari Huruf S. Foto: Ribuan jamaah melaksanakan sai antara Bukti Shafa dan Marwah, Sabtu (17/8). Pelaksanaan sai ini dilakukan jamaah yang mengambil umrah sunnah atau membadalkan umrah untuk orang tua atau saudara yang telah meninggal dunia.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Rangkaian ibadah haji dan umrah adalah salah satu ibadah yang rutin dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia. Untuk ibadah haji, puncaknya dilaksanakan pada bulan Dzulhijah. Sementara untuk umrah, bisa dilakukan umat Islam sepanjang tahun.

 

Terkait

Bagi umat Islam, terutama di Indonesia, yang belum pernah melaksanakan ibadah haji dan umrah, tentu akan dihadapkan pada sejumlah istilah dan singkatan terkait ibadah itu. Berikut ini merupakan beberapa istilah dan singkatan terkait haji dan umrah dari huruf 'S'.

Baca Juga

Sa'i : Berjalan yang di mulai dari bukit Marwah atau sebaliknya sevabyak 7 kali perjalanan yang berakhir di bukit Marwah. Perjalanan dari bukit safa ke marwah dihitung satu kali. Lari-lari kecil sunatt dilakukan bagi laki-laki mulai dari pilar hiaju sampai pilar hijau berikutnya. Bagi wanita tidak disunatkan berlari-lari kecil, cukup berjalan biasa. orang yang melakukan sa'i boleh dalam hadas besar.

Shalat Jum'at di Arafah, Muzdalifah dan Mina : Apabila hari wukuf jatuh pada hari jum'at para pakar islam menyatakan jamaah haji tidak diwajikan melaksanakan shalat jum'at. Demikian pula di Muzdalifah dan Mina.

Shafa : Bukit yang pada saat ini berada di dalam Masjidil Haram yang dijadikan tempat untuk memulai Sa'i dan termasuk tempat mustajab.

SAR : Saudi Arabian Riyal

Satop : Satuan Tugas Operasional

Sektor : Wilayah pelayanan jamaah haji

Sapuhi : Sarikat Penyelenggara Umrah dan Haji Indonesia

Siskohat : Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu

SOC : Embarkasi dan debarkasi Solo. Jamaah haji yang diberangkatkan dan dipulangkan melalui embarkasi ini, merupakan jamaah haji yang berasal dari Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta.

SUB : Embarkasi dan debarkasi Surabaya. Jamaah haji yang diberangkatkan dan dipulangkan melalui embarkasi ini, merupakan jamaah haji yang berasal dari Jawa Timur, Bali, dan NTT.

SPMA : Surat Panggilan Masuk Asrama

SPPH : Surat Permohonan Pergi Haji

Syisah : Salah satu zonasi pemondokan jamaah haji Indonesia di Makkah. Jaraknya 5,4 km dari Masjidil Haram. Di wilayah ini, ditempatkan jamaah haji yang berasal dari embarkasi Aceh / BTJ (Aceh), Medan / MES (Sumatra Utara), Batam / BTH (Riau dan Kepulauan Riau), PDG / Padang (Sumbar, Jambi, Bengkulu), dan UPG / Makassar (Sulsel, Sulbar, Maluku, dan Papua).