Dubes Saudi Singgung Pelayanan Jamaah Haji dengan Wapres

Senin , 27 Jan 2020, 13:17 WIB Reporter :Fauziah Mursid/ Redaktur : Ani Nursalikah
Dubes Saudi Singgung Pelayanan Jamaah Haji dengan Wapres. Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Esam A. Abid Athagafi menemui Wakil Presiden Ma
Dubes Saudi Singgung Pelayanan Jamaah Haji dengan Wapres. Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Esam A. Abid Athagafi menemui Wakil Presiden Ma

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Esam A. Abid Athagafi menemui Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Senin (27/1). Esam mengungkapkan, pertemuannya dengan Ma'ruf menyinggung pelayanan Pemerintahan Arab Saudi terhadap jamaah haji, termasuk jamaah dari Indonesia.

 

Terkait

Namun, kata Esam, pertemuan tidak secara khusus membahas mengenai keinginan Indonesia atas penambahan kuota haji Indonesia tahun ini. "Kami tadi membahas tapi tidak mengenai kuota tapi lebih kepada peningkatkan pelayanan yang diberikan Saudi kepada jamaah haji dan umrah," ujar Esam di Kantor Wapres, Jakarta, Senin (27/1).

Baca Juga

Menurut Esam, jumlah kuota jamaah haji Indonesia saat ini adalah yang terbesar dibandingkan kuota negara lain. Kuota haji Indonesia tercatat 230 ribu orang pada 2019. Esam mengatakan, Pemerintah Arab pun berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan kepada seluruh jamaah.

Penambahan kuota haji, selain jumlah penduduk negara asal, juga memperhatikan keselamatan dan kenyamanan jamaah haji. "Yang perlu saya tekankan kami sebetulnya akan sangat berbahagia sekali menerima sebanyak mungkin jamaah haji, tapi yang harus diperhatikan adalah keselamatan dan kenyamanan jamaah tersebut. Ada beberapa area seperti Arafah dan Mina yang areanya sangat terbatas," ujar Esam.

Esam mengatakan, penambahan kuota bisa dilakukan jika proyek perluasan di area rukun haji tersebut selesai. "Penambahan kuota ini harus menunggu selesainya berapa proyek besar dalam hal perluasan area, sehingga apabila itu sudah selesai kami bisa tambahkan lagi jumlah orang yang bisa kami layani," ujarnya.

Lagipula, Esam mengatakan, pembicaraan mengenai penambaha kuota haji bisa dilakukan untuk level kepala negara Arab Saudi dengan Indonesia. Karena itu, untuk saat ini jumlah kuota haji Indonesia masih jumlah yang ditentukan sebelumnya.

"Pada saat ini, (kuota haji) masih jumlahnya sama tapi itu tentu hal yang dibahas tidak di level kami tapi di level pemerintahan tertinggi yakni raja dan juga presiden," ujarnya.

Pemerintah Indonesia terus melobi adanya penambahan kuota haji 2020. Tahun ini, kuota haji Indonesia yang diberikan Arab Saudi sebanyak 221 ribu orang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini