Daftar Istilah dan Singkatan Haji - Umrah dari Huruf Q dan R

Selasa , 28 Jan 2020, 04:00 WIB Redaktur : Muhammad Hafil
Daftar Istilah dan Singkatan Haji - Umrah dari Huruf Q dan R. Foto: Masjid Qarnul Manazil yang dijadikan salah satu tempat miqat untuk umrah dan haji.
Daftar Istilah dan Singkatan Haji - Umrah dari Huruf Q dan R. Foto: Masjid Qarnul Manazil yang dijadikan salah satu tempat miqat untuk umrah dan haji.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Bagi Umat Islam Indonesia yang akan berangkat haji maupun umrah, akan dihadapkan pada sejumlah istilah maupun singkatan. Baik itu istilah terkait ibadah umrah dan haji maupun terkait dengan penyelenggaraannya.

 

Terkait

Berikut ini adalah sejumlah istilah dan singkatan haji, yang bisa memandu jamaah haji maupun umrah, dari huruf Q dan R.

Baca Juga

Qarnul Manazil : Disebut juga sebagai Al Sail Al Kabir. Salah satu miqat (tempat dimulainya umrah dan haji). Lokasinya berjarak 94 kilometer di sebelah timur Kota Makkah. Miqat ini diperuntukkan bagi jamaah haji yang datang dari arah Najd atau Riyadh. Selain itu, diperuntukkan bagi jamaah haji yang berasal dari timur Kota Makkah.

 

Qiran : Melaksanakan haji dan umrah dalam satu niat dan satu pekerjaan.

RSAS : Rumah Sakit Arab Saudi

Ra'ml : Lari-lari kecil antara dua pilar hijau hanya disunatkan bagi laki-laki yang mampu melaksanakannya, sedangkan bagi wanita tidak disunatkan lari-lari kecil

Raudhah : Suatu tempat di dalam Masjid Nabawi yang letaknya ditandai dengan tiang-tiang putih, berada diantara Rumah Nabi (sekarang Makam Rasulullah SAW) sampai mimbar. Adapun luas Raudhah dari arah timur ke barat sepanjang 22 meter dan dari utara ke selatan 2 meter. Raudhah adalah tempat yang mustajab untuk berdo'a.

Rukun Haji : Rangkaian amal yang harus dilakukan dalam ibadah haji dan tidak dapat diganti dengan Dam (denda) jika di tinggalkan tidak sah hajinya.

Rawdah : Salah satu wilayah yang termasuk dalam zonasi pemondokan jamaah haji Indonesia di Makkah. Jaraknya sekitar 3,5 km dari Masjidil Haram. Di zona ini, pada haji 2019, ditempatkan jamaah haji Indonesia yang berasal dari embarkasi Palembang / PLM (Sumsel dan Bangka Belitung) serta embarkasi Jakarta Pondok Gede / JKG (Jakarta, Banten, dan Lampung).

Rei Bakhsi : Salah satu wilayah yang termasuk dalam zonasi pemondokan jamaah haji Indonesia di Makkah. Jaraknya sekitar 2,6 km dari Masjidil Haram. Di zona ini, ditempatkan jamaah haji Indonesia dari embarkasi Balikpapan / BPN (Kalimantan Timur, Sulteng, dan Kaltara) serta Banjarmasin / BDJ (Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah).

Sumber: Haji dari Masa ke Masa (Kemenag) dan Republika.co.id

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini