Duterte Tunjuk Amirul Hajj Filipina untuk Musim Haji 2020

Rabu , 29 Jan 2020, 14:44 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Presiden Filipina Rodrigo Duterte menunjuk amirul hajj Filipina untuk Musim Haji 2020
Presiden Filipina Rodrigo Duterte menunjuk amirul hajj Filipina untuk Musim Haji 2020

IHRAM.CO.ID, MANILA – Presiden Filipina Rodrigo Duterte menunjuk penanggung jawab perjalanan haji 2020 (amirul hajj). 

 

Dia memilih Sekretaris Komisi Nasional Muslim Filipina (NCMF) sebagai Amirul Hajj tahun ini. Penunjukan Amirul Hajj ini dilakukan Duterte dengan menandatangani surat pada Selasa (21/1) lalu. Saidamen Pangarungan dipilih sebagai Kepala Misi Haji 2020.

Terkait

Pangarungan disebut pernah menjabat sebagai Gubernur Lanao del Sur dari periode 1988 hingga 1992. Ia lalu dipilih Duterte sebagai Sekretaris NCMF pada Juli 2018. 

Baca Juga

Dilansir di Manila Times, sebagai kepala NCMF, Pangarungan sebelumnya juga ditunjuk sebagai Amirul Hajj untuk perjalanan ibadah haji tahunan ke Makkah, Arab Saudi.  

Menurut NCMF, seorang Amirul Hajj adalah orang yang mengepalai delegasi perjalanan ibadah haji Muslim Filipina ke Makkah, Arab Saudi. Secara hukum jabatan ini juga disebut sebagai kepala Komisi.

"Amirul Hajj yang ditunjuk harus memiliki pengetahuan tentang proses ibadah haji. Selain itu dia memiliki keterampilan administrasi dan manajerial yang mapan," ujar NCMF dilansir di Manila Times, Rabu (29/1).

Ibadah haji merupakan perjalanan yang dilakukan umat Islam ke Makkah, Arab Saudi. Perjalanan ibadah ini sebagai salah satu dari rukun Islam, yakni rukun kelima.  Setiap Muslim yang sudah dewasa dan mampu wajib melakukan haji sekali seumur hidup. 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini