Calon Haji Kabupaten Semarang Berangkat Tahun Ini Bertambah

Rabu , 12 Feb 2020, 15:02 WIB Reporter :S Bowo Pribadi/ Redaktur : Ani Nursalikah
Calon Haji Kabupaten Semarang Berangkat Tahun Ini Bertambah.
Calon Haji Kabupaten Semarang Berangkat Tahun Ini Bertambah.

IHRAM.CO.ID, UNGARAN -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Semarang belum dapat memastikan tambahan kuota daerah untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Kendati begitu, jumlah calon haji yang terdaftar untuk berangkat pada musim haji tahun ini bakal lebih banyak dibandingkan 2019.

 

Terkait

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Semarang, Taufiqurrahman mengatakan, untuk kuota haji sementara tidak jauh berbeda dengan 2019, yakni sekitar 231 ribu jamaah (secara nasional). Sedangkan tingkat kabupaten/ kota sesuai dengan jumlah pendaftar yang berhak berangkat pada tahun ini.

Baca Juga

Khusus untuk Kabupaten Semarang, mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan jumlah jamaah haji pada tahun kemarin. Tahun ini ada 688 jamaah calon haji yang akan berangkat, sementara 2019 ada 619 jamaah yang diberangkatkan.

“Yang akan berangkat tahun ini merupakan calon jamaah haji yang mendaftar November, Desember 2011 dan Januari 2012,” ungkapnya, Rabu (12/2).

Dari jumlah 688 calon jamaah haji ini, dimungkinkan memang masih bisa bertambah atau bahkan juga bisa berkurang. Karena pada saat pelunasan biaya haji nanti biasanya angkanya cenderung dinamis.

Namun, jumlah tersebut kemungkinan besar bisa bertambah, mengingat jumlah tersebut belum diperhitungkan dengan tambahan kuota haji dari pusat untuk tahun ini. Biasanya jumlah calon jamaah haji tersebut bakal naik ketika ada tambahan kuota jamaah haji.

Jika berkaca dari penyelenggaraan haji tahun lalu, Kabupaten Semarang mendapat dua kali tambahan kuota haji. Tambahan kuota yang pertama sebanyak 15 orang calon jamaah dan tambahan kedua sebanyak 30 orang calon jamaah.

Sehingga jumlah tambahan kuota haji Kabupaten Semarang pada 2019 sebanyak 45 orang calon jamaah. “Kita berharap tahun ini bisa tambah kuotanya setidak-tidaknya seperti tahun kemarin, sebanyak 45 orang jamaah,” ujarnya.