11 Rabiul Awwal 1442

Jamaah Umroh yang Sudah di Makkah Bisa Beribadah Normal

Jumat , 28 Feb 2020, 00:01 WIB Redaktur : Indira Rezkisari
Suasana Masjidil Haram yang dipadati jamaah umrah dari berbagai negara, Makkah, Senin (24/2) lalu. Pemerintah Arab Saudi menghentikan jamaah umrah memasuki wilayah negaranya untuk menghindari penyebaran virus covid-19.
Suasana Masjidil Haram yang dipadati jamaah umrah dari berbagai negara, Makkah, Senin (24/2) lalu. Pemerintah Arab Saudi menghentikan jamaah umrah memasuki wilayah negaranya untuk menghindari penyebaran virus covid-19.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Jamaah sekaligus tim travel penyelenggara umroh asal Bandung Safari Suci yang saat ini sudah berada di Mekah menyatakan kondisinya aman di sana. Mereka juga bisa menjalankan ibadah dengan aman.

 

Baca Juga

Jamaah tiba sebelum pengumuman penangguhan sementara akses masuk warga negara asing ke Arab Saudi. "Ada berita hoaks katanya yang sudah masuk Makkah disuruh balik lagi, aduh itu, yang saya rasakan sendiri aman-aman saja," kata salah satu petugas dan pembimbing umroh dari Safari Suci Travel Haji dan Umroh Arif Chandra saat dihubungi dari Jakarta, Kamis (27/2).

Arif yang saat ini sedang berada di Mekah mengatakan tidak ada perlakuan khusus yang dilakukan oleh otoritas pemerintah Arab Saudi terkait pemeriksaan kesehatan yang bersangkutan dengan virus corona baru Covid-19 di negara tersebut. Dia menyebut seluruh pemeriksaan kesehatan dan pelaksanaan pembersihan sejumlah layanan di tanah suci berjalan normal sebagaimana biasanya.

Dia menyebut skrining kesehatan seperti pemindai suhu tubuh yang dilakukan di bandara Jedah maupun Madinah merupakan hal yang biasa dilakukan sejak dulu. Selain itu tindakan pembersihan seperti penyemprotan desinfektan oleh petugas di sekeliling Masjidil Haram juga telah berlangsung lama hingga hari ini.

Arif juga menyebut sejumlah imbauan tentang kesehatan yang terpampang dalam layar besar di Masjidil Haram juga bukan pertama kali dilakukan menyusul adanya kebijakan pemerintah Arab Saudi guna mencegah masuknya virus corona ke negara tersebut.

Arif yang merupakan warga Bandung tersebut bersama rombongan jamaah sekitar 300 orang yang berangkat ke Arab Saudi dari Jakarta kemarin (26/2) pukul 14.00 WIB. Arif beserta rombongan sampai di Bandara King Abdul Aziz Jeddah pukul 23.00 waktu setempat dan mengunjungi Makkah pada pukul 01.00 dini hari waktu setempat hari ini.

Dia mengonfirmasikan pada pukul 05.00 waktu setempat atau sekitar pukul 09.00 WIB sejumlah rekannya di Safari Suci Travel tidak bisa melakukan pemberangkatan dari Jakarta. Begitu pun rombongan travelnya yang sudah berada di Abu Dhabi maupun Singapura tidak diperbolehkan melanjutkan perjalanan ke Arab Saudi.

Namun bagi dia beserta rombongan yang sudah sampai di Arab Saudi sebelum pengumuman penangguhan sementara akses masuk warga negara asing ke tanah suci tetap bisa melanjutkan ibadah secara normal tanpa kendala apapun. Rencananya, Arif beserta rombongan akan melanjutkan ibadah hingga tanggal 5 Maret 2020 mendatang.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Jeddah melalui keterangan tertulisnya mengatakan jamaah umroh asal Indonesia yang sedang berada di wilayah Arab Saudi masih bisa melanjutkan kegiatan ibadah seperti biasa. Termasuk berziarah ke Madinah.

Informasi yang diperoleh dari otoritas Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah menyebutkan penangguhan sementara penerbangan jamaah umroh ke Arab Saudi dari seluruh negara. Larangan masuk ke Arab Saudi juga diberlakukan bagi warga asing dari negara-negara yang terpapar virus corona, yang oleh otoritas kesehatan Saudi dinilai berbahaya.

 

widget->kurs();?>