Penerbangan Umroh dari BIJB Terhenti

Jumat , 28 Feb 2020, 18:25 WIB Reporter :Lilis sri handayani/ Redaktur : Esthi Maharani
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat

IHRAM.CO.ID, MAJALENGKA – Pemerintah Arab Saudi untuk sementara menghentikan kedatangan jamaah umroh dari berbagai negara untuk mencegah penyebaran virus corona. Hal itupun berdampak pada penerbangan umroh dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

 

Terkait

Corporate Communication Assistant Manager BIJB, Muhlanda Aliv Anaba, menjelaskan, selama ini, penerbangan jamaah umroh dari BIJB Kertajati salah satunya dilayani oleh maskapai Malaysia Airlines. Adapun jadwal keberangkatannya dilakukan seminggu dua kali. Dari BIJB Kertajati, pesawat dari maskapai Malaysia Airlines akan transit di Malaysia.

Namun setelah adanya kebijakan penghentian umroh oleh pemerintah Arab Saudi, penerbangan dari Kertajati oleh maskapai itu terhenti.

‘’Iya betul. Maskapai Malaysia Airlines yang membawa jamaah umroh seminggu dua kali cancel/no ops sementara dari Kertajati,’’ ujar Aliv, melalui pesan singkatnya kepada Republika, Jumat (28/2).

Selain Malaysia Airlines, lanjut Aliv, jamaah umroh dari BIJB Kertajati juga ada yang dilayani oleh maskapai Citilink. Penerbangan jamaah umroh oleh Citilink terakhir kali dilakukan pada 30 Januari 2020. Untuk sementara ini, belum ada lagi penerbangan umroh dari Kertajati yang dilayani maskapai tersebut.

Seperti diketahui, Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan melarang sementara kedatangan jamaah yang ingin melaksanakan ibadah umroh. Hal itu untuk mencegah penyebaran virus Corona ke negara tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini