Rabu 04 Mar 2020 06:37 WIB

Game Show Baru Nigeria Tawarkan Hadiah Berangkat Haji Gratis

Peserta yang memenangkan game diberi biaya haji gratis.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Game Show Baru Nigeria Tawarkan Hadiah Berangkat Haji Gratis. Foto: jamaah haji nigeria
Foto: AFP
Game Show Baru Nigeria Tawarkan Hadiah Berangkat Haji Gratis. Foto: jamaah haji nigeria

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Saluran gaya hidup bertema Islam Nigeria, HalTV, akan meluncurkan game show baru untuk Ramadhan yang disebut Haji Quest. Peserta yang berhasil memenangkan semua permainan akan diberi hadiah gratis biaya perjalanan haji.

"ni akan menjadi pertunjukan yang unik. Saat ini tidak banyak konten tayangan yang bisa dikonsumsi orang yang bersifat spiritual tetapi juga menghibur," ujar Pendiri dan CEO HalTV Africa, Sheriff Bakare, dikutip di Salaamgateway, Selasa (3/3).

Ia juga menyebut umat Islam Nigeria ingin pergi haji setelah Ramadhan. Sehingga di setiap malam setelah menyelesaikan puasa, mereka dapat menyaksikan seseorang bermain untuk memenangkan perjalanan haji.

Tayangan ini model permainannya akan disamakan dengan program “Who Wants To Be a Millionaire?” yang sempat ramai. Tetapi alih-alih pertanyaan pengetahuan umum dari acara Inggris yang mengglobal pada akhir 1990-an dan awal 2000-an, peserta harus menjawab pertanyaan bertema Islam.

"Ada pertanyaan terkait Ramadhan dan pengetahuan Islam umum," kata Bakare.

Tahun lalu, HalTV telah menjalankan proyek percontohan dari game show ini. Saat itu, ada dua orang yang mendapat hadiah, yakni pemenang utama dan kedua.

Untuk tahun ini, HalTV berusaha memperluas jangkauan pemenang dengan berharap dapat memberangkatkan haji satu orang yang menjadi pemenang di setiap malam.

Selain memberi hadiah bagi peserta program, pihak HalTV juga akan memberikan pertanyaan bagi penonton di rumah. Pemenangnya akan mendapat hadiah perjalanan umrah atau liburan ke Dubai.

Acara ini akan dibawakan dalam bahasa Inggris. Tetapi pihak stasiun TV juga menyediakan penerjemah untuk peserta yang berbicara bahasa dan dialek Nigeria.

HalTV saat ini mencari sponsor dari perusahaan multinasional, pemangku kepentingan haji, dan agen perjalanan untuk menutupi biaya produksi dan perjalanan haji.

"Kami mencari kemitraan dengan perusahaan yang terlibat langsung dalam haji, dan dengan hotel-hotel di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, karena Nigeria umumnya terbang (untuk haji) melalui Dubai," kata Bakare.

Nestle saat ini mensponsori acara HalTV, Habibi Ramadan. Acara ini mengajarkan orang bagaimana menyiapkan makanan untuk sahur, berbuka puasa, dan acara mingguan Alhamdulillah It's Friday - Thank God it's Friday.

HalTV merupakan layanan tayangan daring dan memiliki program yang diputar di saluran TV selama bulan Ramadhan.

Kampanye pemasaran untuk Haji Quest akan dimulai pada bulan Maret. Sementara pada akhir Maret produksi mulai siap untuk berjalan di awal Ramadhan, akhir April.

Jika acara ini terbukti berhasil, HalTV yang juga merupakan rumah produksi, ingin mengembangkan konsep untuk pasar Timur Tengah, yang disebut Haji Quest Arabia.

Nigeria, dengan populasi lebih dari 200 juta, sekitar 50persen masyarakatnya merupakan Muslim, terutama di utara negara itu. Tetapi hingga kini konten media bertema Islam terbatas dan terutama terkonsentrasi di sekitar bulan suci Ramadhan.

“Pasar masih sangat muda. Lebih banyak konten yang perlu diproduksi untuk Ramadhan, dan di luar Ramadhan, untuk menarik penonton, ”kata Bakare.

Saluran TV Nigeria menjalankan pemrograman khusus Ramadhan. Ada saluran pop-up seperti TV Ummah, TV Salaam, I Media TV dan Aleef TV, dan EN Radio online.

Namun, tidak ada seri hiburan yang berjalan setiap malam di bulan Ramadhan. hal ini tidak seperti di Timur Tengah, di mana jutaan orang mendengarkan seri Suriah, Mesir, Turki dan Teluk, musalsals, setelah berbuka puasa.

"Pengiklan tidak memiliki anggaran untuk mencakup semua konten untuk Ramadhan, tetapi memiliki kekuatan belanja untuk mensponsori serial TV sepenuhnya," kata Bakare.

Bakare pun menyebut kondisi ini adalah tantangan yang harus dihadapi. Ia ingin meningkatkan lalu lintas untuk sisa tahun ini, sembari menunggu Ramadhan untuk mendapatkan beberapa pendapatan iklan yang baik untuk proyek-proyeknya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement