Rabu 04 Mar 2020 07:39 WIB

Pameran GIICOMVEC Digelar Besok

GIICOMVEC digelar di JCC 5-8 Maret.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Tampak suasana pameran GIICOMVEC tahun lalu
Foto: dok istimewa
Tampak suasana pameran GIICOMVEC tahun lalu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Sejumlah event internasional di beberapa negara harus dibatalkan karena khawatir akan adanya persebaran virus corona. Namun, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) hingga saat ini masih menetapkan bahwa GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 tetap akan digelar.

Project Director Seven Event untuk GIICOMVEC 2020, Vista Limbong mengatakan, pameran yang dapat dinikmati tanpa dipungut biaya ini akan digelar sesuai jadwal yakni pada 5 hingga 8 Maret mendatang. Namun, pameran yang akan kembali hadir di Jakarta Convention Center (JCC) itu akan dikemas dalam dua sesi.

Baca Juga

“GIICOMVEC 2020 akan dibuka khusus untuk bisnis dan kegiatan networking dalam sesi Trade Days pada 5 hingga 7 Maret pukul 10.00 sampai pukul 18.00 WIB. Sedangkan hari terakhir pameran, 8 Maret, adalah jadwal buka untuk publik atau Public Day, dengan jam buka yang sama dengan sesi Trade Days,” kata Vista dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Selasa (3/3).

Nah, untuk yang akan hadir pada sesi Trade Days, ada sejumlah persyaratan yang harus diikuti untuk hadir pada Trade Days pameran business-to-business kendaraan komersial ini, yaitu wajib mengenakan busana formal bisnis serta tidak mengenakan sandal dan celana pendek.

Kalau soal akomodasi, mengingat JCC terhubung dengan banyak moda transportasi umum. Pengunjung yang datang menggunakan pesawat, kereta api, atau Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta, fasilitas Shuttle Bus JCC tersedia di area tunggu dekat Pintu 5 GBK, yang melayani pengantaran hingga titik drop-off di Hall A JCC.

Kemudian, bagi pengguna kendaraan pribadi, akses termudah dan terdekat menuju JCC adalah dari sisi Jalan Gerbang Pemuda. Selanjutnya, kendaraan pribadi dapat diparkir di fasilitas kantung parkir yang berada tepat di depan area JCC.

“GIICOMVEC 2020 akan mempergunakan area seluas 12 ribu meter persegi di Hall A dan Hall B JCC untuk menampilkan solusi transportasi bisnis dari sejumlah pabrikan. Beberapa jenama yang jadi partisipan kali ini adalah Daihatsu, DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Kia, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, UD Trucks, United Tractors dan beberapa brand lainya,” kata dia.

Selain itu, pameran ini juga menghadirkan produk-produk pelengkap kebutuhan kendaraan komersial mulai dari jasa karoseri Adiputro, Alcoa Wheels, Aspira, Blackvue, BRQ, GS Astra, Himawan Putra, Incoe, Indoprima, MRF Tyres, PanaOil, Regency, Techindotama, Topy, Trubo Engineering dan Wintor,

“Sebagai the best show for road and urban transportation solution, pameran GIICOMVEC 2020 harus dimanfaatkan sebagai kesempatan untuk memenuhi kebutuhan kendaraan komersial yang tepat untuk bisnis di berbagai sektor industri. Apalagi kali ini GIICOMVEC akan semakin memberikan benefit yang lengkap bagi pebisnis, dengan lokasi strategis dan akses yang mudah diharapkan akan memberikan kenyamanan bagi para pebisnis yang datang dari berbagai penjuru Indonesia,” kata Vista.

Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi mengatakan, pameran ini merupakan pameran yang krusial karena GIICOMVEC mayoritas dihiasi oleh produk rakitan Indonesia.

"Artinya kita sudah mandiri karena sudah bisa melakukan produksi. Jadi, ini sekaligus jadi hal yang dapat meyakinkan pemerintah dan masyarakat bahwa kita tak perlu melakukan impor kendaraan komersial seperti truk bekas," kata Yohanes.

Bahkan, lanjutnya, GAIKINDO juga memiliki target agar sejumlah produk kendaraan komersial rakitan Indonesia nantinya dapat diekspor. Mengingat, saat ini ekspor kendaraan komersial masih terbilang minim dan hanya dilakukan oleh beberapa pabrikan saja seperti Hino dan Isuzu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement