Kamis 05 Mar 2020 14:45 WIB

Pameran Mobil GIICOMVEC Resmi Dibuka, Yuk Ramaikan

GIICOMVEC diyakini mampu mendongkrak pasar mobil.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
GAIKINDO dan Kementerian Perindustrian resmi membuka GIICOMVEC 2020 di JCC Senayan, Jakarta pada Kamis (5/3).
Foto: Republika/Eric Iskandarsjah Z
GAIKINDO dan Kementerian Perindustrian resmi membuka GIICOMVEC 2020 di JCC Senayan, Jakarta pada Kamis (5/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) telah resmi membuka gelaran GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 pada Kamis (5/3). Meski pasar dalam kondisi tertekan, tapi GAIKINDO tetap optimistis bahwa pameran yang fokus pada kendaraan komersial ini mampu berperan dalam mendongkrak pasar otomotif.

Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi mengaku, memang awal tahun ini pasar domestik cukup tertekan oleh adanya bencana banjir, kondisi perekonomian global  dan corona. "Tapi hal ini justru mendorong kita untuk terus melakukan upaya. Salah satunya dengan menggelar pameran ini," kata Nangoi saat dijumlpai usai pembukaan GIICOMVEC 2020 di  Jakara Convention Center (JCC) Jakarta.

Pameran rutin dua tahunan yang digelar pada 5 hingga 8 Maret 2020 itu dimeriahkan oleh sejumlah pabrikan seperti Daihatsu, DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Kia, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, UD Trucks, United Tractors dan lain-lain.

Sedangkan untuk booth suku cadang, aksesoris, fitur teknologi dan perlengkapan lainnya diramaikan oleh Alcoa Wheels, Aspira, Blackvue, BRQ, GS Astra, Himawan Putra, Incoe, Indoprima, MRF Tyres, PanaOil, Regency, Techindotama, Topy, Trubo Engineering, Wintor dan Adiputro.

Ia pun berharap, upaya untuk menggelar pameran ini juga terus dibarengi dengan pemulihan kondisi perekonomian dan recovery wabah corona. Jika seluruh hal itu dapat terwujud sesegera mungkin, maka ia optimistis pasar tahun ini bias lebih baik dibandingkan dengan pasar tahun lalu.

"Pameran ini pun hadir dengan beragam produk baru yang mampu memenuhi kebutuhan bisnis di sector komersial. Apalagi, saat ini kegiatan  perekonomian memang sedang tidak terlalu padat sehingga para pelaku bisnis dapat memiliki waktu yang lebih leluasa dalam menikmati pameran secara lebih detail dan bias memutuskan kendaraan komersial mana yang lebih pas," ujarnya.

Pameran ini sendiri juga mendapat sambutan positif dari Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita yang juga turut menghadiri acara pembukaan GIICOMVEC 2020. Saat memberikan sambutan, ia pun menekankan bahwa pameran ini merupakan kegiatan yang digelar dalam momen yang sangat tepat.

"Pasar memang sedang tertekan oleh sejumlah faktor mulai dari faktor ekonomi dan wabah corona. Pameran ini pun hadir dalam momentum yang tepat sehingga dapat berperan dalam merangsang pasar. Kita tidak boleh tersandera oleh corona, " kata Agus Gumiwang Kartasasmita.

Terkait corona, ia juga menekankan bahwa hal itu telah ditangani oleh stakeholder yang memang bertugas untuk mengatasi hal itu. Oleh karena itu, lanjutnya, pelaku industri saat ini dapat lebih fokus untuk melakukan tanggung jawabnya dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement