Kemenag Bantah Umrah Ditangguhkan Sepanjang 2020

Kamis , 05 Mar 2020, 17:16 WIB Reporter :Muhyiddin/ Redaktur : Agus Yulianto
Endang Jumali
Endang Jumali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsul Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Endang Jumali, membantah pemberitaan yang menyatakan bahwa Pemerintah Arab Saudi telah menangguhkan pelaksanaan umrah sepanjang 2020. Endang mengaku, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Direktur Urusan Travel Umrah Saudi Abdurrahman Al Segaf dan memastikan bahwa berita tersebut tidak benar.

 

Terkait

“KUH (Kantor Urusan Haji) KJRI Jeddah sudah berkoordinasi dengan Abdurrahman Al Segaf. Dia mengatakan bahwa informasi tentang penutupan umrah selama 1 tahun di 2020 itu tidak benar,” ujar Endang dalam siaran persnya, Kamis (05/03).

“Demikian juga terkait pelaksanaan haji tahun ini. Persiapan terus berjalan. Sampai saat ini belum ada keputusan terkait dibatalkannya pelaksanaan haji dari Saudi,” lanjutnya.

Hal senada juga disampaikan Pembantu Staf Teknis Haji (STH) I KUH KJRI Jeddah, Amin Handoyo. Dia mengaku, sudah melakuakan konfirmasi ke call center Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi di nomor 00966920002814. Menurut dia, berita penundaan selama 2020 itu tidak benar.

“Pengumuman yang benar adalah bahwa penangguhan itu bersifat sementara sampai batas yang akan diumumkan kemudian,” kata Handoyo.

Sebelumnya, viral di sejumlah media Indonesia, berita bahwa Pemerintah Arab Saudi telah menangguhkan pelaksanaan umrah sepanjang 2020. Informasi yang beredar itu dikutip dari salah satu web berbahasa Inggris, www.channelnewsasia.com.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini