Jumat 06 Mar 2020 17:43 WIB

Vatikan Laporkan Kasus Pertama Virus Corona

Sebuah klinik kota kecil ditutup sementara setelah ditemukan kasus corona di Vatikan.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Suasana Vatikan, Roma
Foto: Pixabay
Suasana Vatikan, Roma

REPUBLIKA.CO.ID, VATICAN CITY -- Vatikan melaporkan satu kasus pertama dari virus corona tipe baru atau Covid-19, Jumat (6/3). Vatikan juga telah menangguhkan layanan rawat jalan di sebuah klinik setelah seorang pasien dinyatakan positif Covid-19.

Dikutip Channel News Asia mengutip juru bicara Vatikan, Matteo Bruni, klinik tersebut berada di kota kecil dari negara yang memiliki sekitar 1.000 penduduk. "Klinik akan dibersihkan secara mendalam, sementara ruang gawat darurat akan tetap terbuka," kata Bruni.

 

Pasien pertama ini dinyatakan positif pada Kamis (5/3) waktu setempat. Klinik tempat pasien pertama terdeteksi biasa digunakan oleh para pastor, penghuni, dan karyawan, termasuk mereka yang sudah pensiun serta keluarga mereka.

 

Bruni mengatakan Vatikan segera menghubungi semua orang yang telah mengunjungi klinik, sesuai protokol. Dia juga mengatakan telah menginformasikan kepada otoritas Italia tentang kasus pertama.

 

Pengumuman kasus pertama itu dikeluarkan setelah beberapa hari lalu, Paus Fransiskus yang sempat sakit dites negatif Covid-19. Kasus baru di Vatikan itu membawa epidemi ke jantung ibu kota Italia yang telah mengkonfirmasi lebih dari 3.800 kasus dan 148 kematian akibat virus di 22 wilayahnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement