Ahad 08 Mar 2020 17:04 WIB

FKAPHI Gelar Lomba Dakwah dan Cerdas Tangkas Haji dan Umrah

Persaingan dapat dimulai dari bawah saat belajar berkompetisi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agus Yulianto
Menteri Agama Fachrul Razi
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Menteri Agama Fachrul Razi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI) menggelar Lomba Dakwah dan Cerdas Tangkas Haji dan Umrah. Menteri Agama Fachrul Razi hadir membuka kegiatan tersebut.

Menag Fachrul Razi dalam sambutannya meminta seluruh peserta Lomba Dakwah dan Cerdas Tangkas Haji dan Umrah berkompetisi secara sehat untuk memenangkan persaingan.

"Oleh sebab itu dari bahwa kita harus belajar berkompetisi berkompetisi secara sehat untuk memenangkan persaingan," kata Menag dikutip di laman resmi Kemenag, Ahad (8/3).

Menag juga mengatakan, persaingan dapat dimulai dari bawah saat belajar berkompetisi. Memenagkan persaingan menurut Menag tidak ada pilihan. "Siapa pun makin lama makin kecil yang namanya piramida organisasi kalau di bawah mungkin banyak untuk naik ke lapisan tengah butuh berkompetisi naik ke lapisan lebih puncak kompetisi dan kompetisi itu dilakukan dengan sehat," ujarnya.

Dia juga berharap, para peserta dapat berkompetisi dan memenangkan kompetisi ini secara sehat. Sehingga ke depannya, ia berharap, negeri ini penuh pemimpin bangsa yang pantas diperjuangkan.

Sementara itu Pimpinan Ponpes Darunnajah KH. Sofwan Manaf mengapresiasi langkah Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia yang telah mempercayai Ponpes Darunnajah sebagai tempat untuk menyelenggarakan kegiatan ini.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada FKAPHI karena telah mempercayai Darunnajah sebagai tempat pelakasanaan lomba ini," kata Sofwan.

Dikesempatan yang sama Ketua Umum Pengurus Besar (PB) FKAPHI, Mahmudi Affan Rangkuti, dalam laporannya mengatakan, peserta Lomba Dakwah Haji ini berjumlah 27 orang yang berasal dari guru, ustadz/ustadzah, mahasiswa dan masyarakat umum. Sedangkan peserta Lomba Cerdas Tangkas Haji dan Umrah berjumlah 22 regu yang berasal dari siswa/i SMA/MAN atau sederajat.

Mengusung tema lomba "Memperkokoh Ukhuwah Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama dan Pondok Pesantren dalam rangka Dakwah Haji Sepanjang Tahun". FKAPHI tahun ini mengawali kegiatan pertamanya mengadakan Lomba Dakwah Haji dan Lomba Cerdas Tangkas Haji dan Umrah.

Maksud dan tujuan diadakanya kegiatan ini, kata Affan, adalah untuk mendekatkan materi manasik haji dan umrah kepada masyarakat luas.

"Maksud dan tujuan diadakanya kegiatan ini adalah untuk mendekatkan materi manasik haji dan umrah kepada masyarakat luas meliputi mereka yang sudah mendaftar haji dan umrah yang sedang menabung untuk mendaftar haji dan umrah dan mereka yang baru dan akan mendaftar hajinya," ucap Affan.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement