Selasa 10 Mar 2020 05:01 WIB

Gerindra Sumbar Minta Prabowo Lanjut Jadi Ketua Umum

Aspirasi dan masukan dari masyarakat dan sayap partai.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Fakhruddin
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan pengarahan pada peringatan HUT ke-12 Partai Gerindra di Jakarta, Kamis (6/2).(Republika/Putra M. Akbar)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan pengarahan pada peringatan HUT ke-12 Partai Gerindra di Jakarta, Kamis (6/2).(Republika/Putra M. Akbar)

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sumatera Barat meminta supaya Prabowo Subianto kembali melanjutkan kepemimpinan partai sebagai ketua umum.

Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat, Andre Rosiade mengatakan, tidak ada nama lain di luar Prabowo Subianto yang diusulkan DPD Provinsi dan 19 DPD Kabupaten Kota se-Sumatera Barat.

"Kami sudah mendengarkan semua aspirasi dan masukan dari masyarakat serta mendengarkan suara sayap-sayap partai, sehingga sampai pada kesimpulan bahwa tidak ada nama selain Pak Prabowo untuk diusulkan menjadi Ketua Umum Partai Gerindra," kata Andre di Padang, Senin (9/3). 

Seperti diketahui Partai Gerindra akan menggelar Konggres pada April mendatang. Andre berharap forum Kongres tersebut dapat menjadi ajang pengukuhan Prabowo kembali menjadi orang nomor satu di Partai Gerindra.

Andre menjelaskan sosok Prabowo yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI merupakan figur yang menjadi kekuatan partai. Selama ini, Prabowo menurut Andre telah memberikan kontribusi besar bagi bangsa dan negara. Mantan Danjen Kopasus itu lanjut Andre juga menjadi inspirasi banyak orang akan kecintaan terhadap bangsa dan negara.

Permintaan agar Prabowo kembali menjadi Ketua Umum Partai Gerindra, ini dituangkan dalam pernyataan bersama yang ditandatangani seluruh DPD Partai Gerindra se-Sumatera Barat usai Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) Partai Gerindra Provinsi Sumbar yang berlangsung Ahad (8/3) malam kemarin. 

"Kita sudah melakukan Rapimda. Kami sepakat untuk berkirim surat kepada DPP, kami mendukung dan memimta Pak Prabowo untuk kembali bersedia memimpih Partai Gerindra," ujar Andre.

Selama menjadi kader Gerindra, Andre melihat kehadiran sosok Prabowo membuat partai tetap solid dan kondusif.

Rapimda Partai Gerindra Sumbar dihadiri seluruh pimpinan DPD Partai Gerinda dari 19 Kabupaten Kota se-Sumatera Barat, sayap partai dan anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Provinsi Sumatera Barat. 

Sumatera Barat memang merupakan salah satu basis suara Prabowo Subianto dan Partai Gerindra pada Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif 2019 lalu.

Dalam rekap Pemilu 2019, Gerindra memperoleh kemenangan besar di Sumbar. Gerindra menempati urutan pertama dengan perolehan 560.835 suara dari total suara sebanyak 2.929.308, atau 19,14 persen.

Gerindra menguasai 11 dari 19 kabupaten kota di Tanah Minang. Total ada 93 kursi DPRD Kabupaten Kota yang ada di Sumbar, atau naik dibanding Pemilu 2014 yang hanya 72 kursi. Di DPRD Sumbar, Gerindra menguasai dengan 14 kursi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement