Jumat 13 Mar 2020 16:23 WIB

Anggaran Mudik Naik Bus Gratis Kemenhub Rp 34 Miliar

Mudik gratis menggunakan bus tahun ini menambahkan kota tujuan baru

Rep: rahayu subekti/ Red: Hiru Muhammad
Pegawai Kemenhub menata data calon pemudik pada hari pertama pendaftaran mudik gratis di Kantor Kemenhub Jakarta, Selasa (1/7).(Republika/Prayogi)(Republika/Prayogi)
Foto: Republika/Prayogi
Pegawai Kemenhub menata data calon pemudik pada hari pertama pendaftaran mudik gratis di Kantor Kemenhub Jakarta, Selasa (1/7).(Republika/Prayogi)(Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perbungan (Kemenhub) tahun ini akan menyediakan mudik gratis menggunakan bus untuk masa angkutan Lebaran Idul Fitri 2020. Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi anggaran untuk mudik gratis tahun ini mengalami kenaikan.

"Ada kenaikan anggaran enam persen sebesar Rp 34 miliar (tahun 2019 sebesar Rp 32 miliar," kata Budi di Gedung Kemenhub, Jumat (13/1).

Dengan anggaran tersebut, Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub menyediakan 1.317 bus untuk kapasitas 59.265 penumpang. Sementara truk untuk angkutan motor gratis sebanyak 111 unit untuk kapasitas 4.995 unit sepeda motor.

Budi menambahkan, pada mudik gratis menggunakan bus tahun ini menambahkan kota tujuan baru. "Tahun ini ada bus dari Bali ke Yogyakarta dari Bali ke Surabaya juga ada," tutur Budi.

Untuk rute di Jawa Barat, juga dibuka mudik gratis menuju Cirebon, Cilacap, Tasikmalaya, dan Kuningan dengan 35 unit bus kapasitas 1.575 penumpang. Tujuan Sumatra yaitu Lampung, Palembang, Padang disediakan 25 bus untuk 1.125 bus dan Jawa Timur dengan tujuan Tuban, Madiun, Kediri, Jombang, dan Pacitan.

Budi mengungkapkan untuk tujuan mudik gratis dengan bus ke Jawa Tengah masih paling banyak beberapa diantaranya yaitu Tegal, Jepara, Solo, Yogyakarta, Magelang, hingga Purwokerto. "Ada 24 kota tujuan kami sediakan 982 bus untuk kapasitas 982 penumpang," tutur Budi.

Rencana pemberangkatan mudik gratis dari Jakarta akan dilakukan di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, dari Tangerang akan diberangkatkan dari kantor Dinas Perhubungan Kota Tengerang, dan Tangerang Selatan diberangkatkan dari kantor Dinas Perhubungan Kota Tangeran Selatan. Sementara pemberangkatan dari Bogor akan dilakukan di kantor Dinas Perhubungan Kota Bogor.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement