Jumat 13 Mar 2020 18:28 WIB

BPBD Ingatkan Warga Penajam tak Buka Lahan dengan Dibakar

Musim kemarau tahun ini diprediksi lebih panjang dibanding tahun lalu.

BPBD Ingatkan Warga Penajam tak Buka Lahan dengan Dibakar
Foto: Dok Koramil 1203/Kawalu
BPBD Ingatkan Warga Penajam tak Buka Lahan dengan Dibakar

REPUBLIKA.CO.ID, PENAJAM -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mengingatkan masyarakat tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Lahan yang dibakar berpotensi menimbulkan kebakaran yang lebih luas, terutama pada saat musim kemarau.

"Diprediksi pertengahan Maret 2020 mulai memasuki musim kemarau," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara, Nurlaila, Jumat (13/3).

Baca Juga

Bahkan diprediksi hari tanpa hujan pada tahun ini lebih panjang dibandingkan dari tahun sebelumnya. Dasarian atau satuan waktu meteorologi untuk Kabupaten Penajam Paser Utara jelas Nurlaila, saat ini sudah berada di bawah 50 milimeter.

"Artinya hari tanpa hujan bakal lebih banyak dibanding hari dengan hujan," ucapnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG memprediksi puncak hujan terjadi sampai awal Maret 2020. "Dasarian kedua 11 sampai 20 Maret 2020, diprediksi BMKG secara umum puncak hujan sampai Maret 2020," katanya.

"Dasarian kedua untuk Penajam Paser Utara sudah di bawah 50 milimeter, jadi cuaca panas lebih banyak dibanding hujan," kata Nurlaila.

Ia menimpali lagi, potensi musim kemarau pada tahun ini lebih panjang dibanding pada 2019 yang hanya tiga bulan. Mengantisipasi musim kemarau tersebut, masyarakat dan perusahaan jangan membuka lahan dengan cara dibakar untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Nurlaila menyarankan warga yang ingin melakukan pembukaan lahan terlebih dahulu melapor kepada pemerintah desa atau kelurahan setempat. Pembakaran lahan dampaknya cukup luas termasuk merusak lingkungan dan ekosistem hewan di sekitar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement