Ahad 15 Mar 2020 20:24 WIB
berita

Muhaimin: PKB Bantu Pemerintah Cegah Sebaran Covid 19

PKB Bantu Pemerintah Cegah Sebaran Covid 19

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar .
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar .

JAKARTA -- Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar mengeluarkan instruksi kepada para kader partainya untuk membantu pemerintah cegah penyebaran virus Corona (Covid 19). Dia meminta agar kader PKB bergotong royong mengatasinya.

Menindaklanjuti Instruksi Ketua Umum DPP PKB tanggal 14 Maret ke Seluruh Pengurus dan Kader PKB di seluruh Indonesia, agar

''Kami serukan agar kader PKB berdiri terdepan bersama seluruh kekuatan bangsa untuk bergotongroyong menghadapi Covid19. Ini dilakukan dengan membantu secara maksimal seluruh langkah dan kebijakan Presiden Jokowi dan Pemerintah Republik Indonesia,'' kata Muhaimin melalui rilis kepada Republika.co.id, Ahad (15/3).

Instruksi Ketua Umum DPP PKB itu 11 butir. Pertama, agar PKB turunkan tim medis untuk ngecek kesehatan warga yg memerlukan dari rumah ke rumah. Kedua, setiap DPW dan DPC PKB menjadi posko hotline menjadi pusat orang kontak minta pengecekan kesehatan dalam rangka tindakan preventif covid19.

Ketiga, menyediakan relawan medis membantu penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah atau daerah rentan . Keempat, seluruh struktur partai mulai DPW hingga ranting (desa) melakukan pendataan dan mengedukasi masyarakat disekitarnya terkait corona (bahan-bahan terkait cegah corona, baik berupa pamflet maupun bahan medsos disebarkan ke semua jaringan partai/

"Kelima, PKB mendukung dan terus memastikan agar pemerintah punya cukup kamar rumah sakit sekaligus mendorong pemerintah mempercepat penyiapan tempat yg dapat dikonversi sebagai rumah sakit darurat. Keenam, mendorong pemerintah memobilisasi dokter, teknisi lab, paramedis dan lainya harus dipastikan tersebar disemua daerah yg dinilai rentan,'' kata Muhaimin.

Ketuju, memnita PKB memperjuangkan untuk kalangan usaha kecil dan menengah yang tidak bisa bekerja akibat terdampak Covid19 agar dibantu pemerintah dengan sebuah kebijakan yang terukur dan efektif. Kedelapan, PKB mengingatkan pemerintah agar punya cukup anggaran penanganan covid19 dan dampak ekonominya. PKB menginstruksikan kepada FPKB untuk membantu pemerintah mewujudkan itu semua.

"Sembilan, meminta masyarakat harus tetap hidup sehat, menjaga lingkungan, menghindari kegiatan publik yg tidak perlu, dan aktif mensosialisasikan cara-cara pencegahan covid19 melalui media komunikasi, medsos dan sebagainya,'' ujarnya lagi.

Sepuluh, seluruh media sosial pengurus dan kader serta anggota PKB wajib dipenuhi dengan sosisalisasi langkah dan kebijakan pemerintah dalam mengatasi covid19 serta berbagai informasi yang penting untuk masyarakat guna mencegah persebaran virus corona.

Sebelas, PKB mengapresiasi seluruh langkah dan kebijakan pemerintah serta mendorong semua pemerintah daerah untuk bersinergi dengan pemerintah pusat dan semua stakeholder lainnya dalam melakukan langkah dan kebijakan penanganan covid19.

"Hanya dengan bersatu, bersinergi dan saling bahu-membahu semua elemen pemerintahan dan bangsa Indonesia, pengatasan covid19 akan semakin efektif dan meminimalisir korban maupun dampaknya dipelbagai bidang kehidupan,'' katanya.

Lebih dari itu, lanjut Muhaimin, kepada seluruh masyarakat harus tetap tenang dan waspada dan Jangan lupa berdoa dan bermunajat kepada Tuhan Yang Maha Esa agar bangsa Indonesia dan seluruh warga dunia diberi pertolongan dan kemampuan mengatasi Covid 19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement