Selasa 17 Mar 2020 09:04 WIB

Apakah Nabi-Nabi Sebelum Nabi Muhammad adalah Muslim?

Nabi Muhammad adalah nabi terakhir.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Apakah Nabi-Nabi Sebelum Nabi Muhammad Muslim?
Foto: MgIt03
Apakah Nabi-Nabi Sebelum Nabi Muhammad Muslim?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW sangat terkait dengan semua nabi yang diutus sebelum Islam hadir. Beliau membawa pesan kebaikan dan memimpin jalan yang sama dari para nabi dari Adam sampai Isa. Beliau adalah mata rantai terakhir dalam rantai para nabi yang diberkati itu.

Dilansir di About Islam, Selasa (17/3), ikatan ini setidaknya sangat ditekankan dalam Alquran dan biografi Nabi sebagai ikatan misi bersama, cinta, dan rasa hormat. Alquran menjelaskan, pesan Nabi Muhammad bukanlah hal baru bagi umat manusia, tetapi menjadi pesan yang abadi karena Islam adalah agama penutup.

Baca Juga

Dalam Alquran surah al-Ahqaf ayat 9, Allah berfirman: "Aku (Muhammad) bukan Nabi yang pertama, dan aku tidak tahu apa yang akan dilakukan dengan aku atau denganmu. Aku hanya mengikuti apa yang diungkapkan kepadaku. Aku hanyalah pemberi peringatan." 

Pada ayat itu, Imam ar-Razi berpendapat berdasarkan hadis bahwa Nabi Muhammad SAW berkata, "Aku hanyalah seorang manusia seperti semua pembawa pesan Tuhan yang mendahului aku." 

Ini berarti pesan inti dari semua nabi dari Adam hingga Muhammad SAW adalah penyerahan diri sepenuhnya kepada keesaan Tuhan. Pesan ini secara efektif dikemas dengan kata Arab Islam, yang secara harfiah berarti 'tunduk, selamat, dan damai'.

Alquran yang suci menyebut satu-satunya jalan kehidupan yang Allah terima dan senangi adalah tunduk kepada-Nya. Hal itu sebagaimana yang tertuang dalam firman Allah pada surah Ali Imran ayat 19 yang artinya: "Lihatlah, satu-satunya agama (yang benar) di hadapan Allah adalah penyerahan diri (manusia) kepada-Nya."

Ayat ini dengan jelas menyatakan Islam adalah misi inti yang Allah terima dari umat-Nya. Dalam ayat-ayat lain, Alquran juga menegaskan Islam telah menjadi pesan yang dengannya setiap nabi diutus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement