Kamis 19 Mar 2020 09:44 WIB

Petugas dan Warga Halau Gajah Liar di Lampung

Puluhan gajah liar dihalau dengan gajah jinak.

Petugas dan Warga Halau Gajah Liar di Lampung
Foto: Antara/Irwansyah Putra
Petugas dan Warga Halau Gajah Liar di Lampung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Petugas Balai Taman Nasional Way Kambas, Lampung dan sejumlah warga menghalau puluhan gajah liar yang keluar dari hutan dan akan masuk perkebunan milik warga desa untuk mencari makan.

Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Subakir mengatakan petugasnya dibantu masyarakat pada Rabu (18/3) malam menghalau puluhan gajah liar agar tidak masuk ke perkebunan warga Desa Braja Yekti, Kecamatan Braja Selebah, Lampung Timur.

Baca Juga

"Malam tadi kami melakukan penggiringan gajah liar sebanyak 27 ekor, posisi di Rawa Berak Genteng Wilayah Resort Margahayu SPTN Wilayah III Kuala Penet TNWK. Gajah liar terpantau mulai pukul 17.40," kata Subakir, Kamis (19/3).

Subakir mengatakan, gajah-gajah liar itu dihalau supaya kembali ke dalam hutan Way Kambas. "Gajah-gajah itu kan dijaga, sekarang kita halau agar tidak masuk ke perkebunan. Kasihan masyarakat kalau sampai masuk makan tanaman warga," ujarnya.

Subakir menjelaskan, petugas menggiring gajah-gajah liar itu menggunakan gajah jinak dilengkapi perlengkapan lampu senter dan mercon atau petasan. "Menggiringnya pakai gajah jinak," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement