Jumat 20 Mar 2020 14:50 WIB

RS Dr Sardjito: Covid-19 Bisa Disembuhkan

Masyarakat diminta tenang dan tetap waspada terhadap potensi penyebaran covid-19.

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Friska Yolandha
Ruang Isolasi Khusus. Ruang isolasi khusus Melati V di RSUP Sardjito, Yogyakarta, Senin (20/1).(Republika/ Wihdan)
Foto: Republika/ Wihdan
Ruang Isolasi Khusus. Ruang isolasi khusus Melati V di RSUP Sardjito, Yogyakarta, Senin (20/1).(Republika/ Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pasien balita berumur tiga tahun yang sempat dinyatakan positif corona (Covid-19) dan diisolasi di RSUP Dr Sardjito sudah dinyatakan sembuh. Pasien dengan nomor 49 se-Indonesia dan merupakan kasus positif pertama di DIY ini sudah dinyatakan negatif Covid-19 dari dua hasil terakhir uji lab. Ini mengindikasikan kesempatan sembuh pasien corona cukup tinggi.

"Kabar gembira, anak yang kemarin dinyatakan positif corona, hari Kamis (19/3) sore kemarin sudah bisa dinyatakan sembuh," kata Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan kepada wartawan, Jumat (20/3).

Baca Juga

Dengan sembuhnya pasien balita ini, RSUP Dr Sardjito meminta masyarakat, khususnya masyarakat DIY untuk tidak panik. Namun, warga tetap harus waspada terhadap potensi penyebaran Covid-19 ini.

Pasien balita ini masuk ke RSUP Dr Sardjito sejak 9 Maret 2020 lalu. Ia diisolasi dan pertama kali dinyatakan positif Covid-19 pada 13 Maret 2020. Pasien balita ini memiliki riwayat pernah mengunjungi Kota Depok, Jawa Barat, bersama kedua orang tuanya. 

Sehingga, kedua orang tua pasien balita tersebut juga diisolasi. Namun, dari hasil pemeriksaan dan uji lab, kedua orang tuanya dinyatakan negatif.

"Masyarakat Yogya (DIY) kami imbau tidak perlu panik, Covid-19 bisa disembuhkan. Dan terbukti kedua orang tua yang selama ini bersinggungan sangat erat dengan anak ini, ternyata tidak tertular. Kedua orang tuanya ini hasilnya negatif," jelas Banu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement