Jumat 20 Mar 2020 15:03 WIB
Resensi Buku Mecca, I'm Coming

Kritik Sosial dalam Peristiwa Haji

Status itu akan meningkatkan derajatnya dari pemuda miskin menjadi seorang haji

Red: A.Syalaby
Jamaah haji Indonesia menghabiskan waktu untuk beribadah di Masjidil Haram.(Republika/ Amin Madani)
Foto: Republika/ Amin Madani
Jamaah haji Indonesia menghabiskan waktu untuk beribadah di Masjidil Haram.(Republika/ Amin Madani)

REPUBLIKA.CO.ID,Buku ini padat dengan adegan bernuansa kritik sosial terhadap haji sebagai gelar sosial di tengah masyarakat. Tidak seperti pada kebanyakan novel-novel kritis, penulis justru mencoba pendekatan humor untuk mengangkat fenomena yang kerap terjadi di masyarakat. 

Penulis pun mencoba mengembangkan kisahnya dengan beragam intrik seperti penipuan ibadah haji maupun umroh. Penulis mencoba untuk menguak betapa bisnis haram atas nama penyelenggaraan ibadah haji kerap dilakukan dengan menipu jamaah. Seorang tokoh yang ditipu hingga harapannya untuk pergi haji harus pupus. 

Semua bermula dari  kisah cinta pemuda kampung yang memiliki bengkel sederhana, Edi dengan Eni putri Haji Sholeh. Eddy kukuh untuk tidak pasrah atas keinginan Haji Sholeh yang hendak menjodohkan Eni dengan seorang anak orang kaya, Pietoyo Jarwo Kuncoro. 

 

photo
Novel Mecca Iam Coming - (Republika Penerbit)

Sebagai pemuda yang mengalami gejolak cinta, dia harus mempertahankan kekasihnya. Eni pun mengancam agar Edi berani bersikap dan berani menghadap ayahnya. Eni tidak mau menikah dengan Pietoyo yang membuat perjanjian dengan ayahnya atas motif ekonomi. 

Sadar Haji Sholeh baru saja tiba pulang haji, Eddy lantas berencana untuk pergi ke Tanah Suci. Eddy melakukan strategi ini agar Haji Sholeh mau menerima lamarannya untuk meminang Eni. Status haji akan meningkatkan derajatnya dari pemuda kampung miskin menjadi seorang haji yang dihormati. Bagi Eddy, Pietoyo yang memiliki rumah dan mobil mewah hanya bisa dikalahkan dengan status itu. Dia juga bisa berziarah ke makam ayahnya di Tanah Suci. 

Malangnya, strategi Eddy tidak berjalan mulus. Di tengah niatnya itu, Eddy justru ditipu oleh oknum agen tragel haji dan umroh. Eddy yang lugu diantar ke lokasi shooting film tentang haji alih-aloh diantar ke  Asrama Haji Pondok Gede. Bagaimana nasib perjodohan Eddy dan Eni? Bagaimana Eddy menjelaskan kegagalannya ke Tanah Suci? Apakah Eni  dan Haji Sholeh masih mau menerima lamaran Eddy? Simak cerita lengkapnya di novel ini.  

Judul Buku : Mecca, I’m Coming!

Penulis         : Salamun Ali Mafaz

Penerbit           : Republika Penerbit

Tahun Cetak : 2019

Tebal Buku : 199 Halaman

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement