Tafsir Ibnu Abbas Soal Air Berkhasiat di Bawah Talang Kabah

Selasa , 24 Mar 2020, 21:05 WIB Redaktur : Nashih Nashrullah
Muncul persepsi khasiat air yang turun dari talang Kabah. Ilustrasi Kabah
Muncul persepsi khasiat air yang turun dari talang Kabah. Ilustrasi Kabah

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagian orang berpandangan bahwa air yang jatuh dari talang Ka’bah mempunyai khasiat tersendiri?

 

Terkait

Benarkah demikian? Dinding-dinding Ka’bah disebut juga dengan rukun-rukun atau sudut-sudut. Pertama Rukun Aswad, yakni yang terdapat batu Hajar Aswad. 

Baca Juga

Kedua, Rukun Iraqi, dinamakan demikian karena menghadap ke arah Irak. Rukun ini dinamakan pula dengan Rukun Syimali karena menghadap utara. Di antara Rukun Iraqi dan Rukun Aswad terdapat pintu Ka’bah dan Multazam.

Ketiga adalah Rukun Syami. Dinamakan demikian karena menghadap ke arah Syam dan Maghrib. Rukun ini disebut pula dengan Rukun Maghribi (sudut barat). 

Di antara Rukun Syami dan Rukun Iraqi terdapat talang Ka’bah yang berhadapan dengan Hijir Ismail. Keempat adalah Rukun Yamani, yaitu sudut Ka’bah yang menghadap ke arah barat daya. 

Dulu Nabi SAW melakukan istilam padanya sewaktu tawaf, lalu menyapu nya dengan tangan tanpa menciumnya, dan tidak pula mencium tangannya setelah istilam. 

Talang yang terbuat dari emas yaitu tempat saluran air hujan yang turun di atas atap Ka’bah. Letaknya di antara Rukun Syami dan Rukun Iraqi

Di dalam Akhbar Makkah melalui isnad yang shahih, Al Azraqi meriwayatkan dari Ibnu Abbas, “Shalatlah kalian di tempat shalat orang-orang pilihan dan minumlah dari minuman orangorang yang taat.” Seseorang bertanya kepadanya, “Apa itu tempat shalat orang-orang pilihan?” Dia menjawab, “di bawah talang.” Lantas, “Apa itu minuman orang-orang yang taat?” Dia menjawab, “Air zamzam.” 

Yang perlu diperhatikan sebagai catatan penting adalah Ibnu Abbas menafsirkan minuman orang-orang yang taat adalah air zamzam, bukan seperti yang dikira oleh sebagian kalangan awam.

 

 

sumber : Harian Republika
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini