Kamis 26 Mar 2020 13:03 WIB

Tip Aman Berkendara di Tengah Pandemi Corona

Masyarakat perlu melindungi diri dari virus ketika sedang berkendara.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Meski sudah dirilis sebelumnya, mobil-mobil ini diprediksi tetap akan digemari konsumen dan pencinta otomotif (Ilustrasi mengendarai mobil)
Foto: Needpix
Meski sudah dirilis sebelumnya, mobil-mobil ini diprediksi tetap akan digemari konsumen dan pencinta otomotif (Ilustrasi mengendarai mobil)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyebaran corona tengah meluas di Indonesia. Masyarakat pun diharapkan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan untuk menangkal infeksi covid-19. Budaya itu pun diharapkan juga dapat diterapkan saat berkendara.

Auto2000 membagikan tip untuk para pengendara agar dapat menekan persebaran corona. Aftersales Division Head Auto2000, Ricky Martawijaya mengatakan, masyarakat secara sadar dan bijak melindungi diri dari potensi tertular virus ini. Terutama untuk yang aktif bepergian menggunakan kendaraan dan kerap melakukan aktivitas di area publik.

Baca Juga

Menurutnya, langkah pertama adalah dengan membersihkan tangan saat sebelum dan sesudah mengemudi. Mengingat, tangan merupakan bagian dari anggota tubuh yang sering bersentuhan dengan kuman dan termasuk menjadi media perantara berpindahnya virus corona.

“Menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah menyetir mobil merupakan hal yang penting untuk menghindari potensi tertular penyakit. Jangan lupa untuk membawa masker dan menggunakannya ketika merasa sakit seperti demam, pilek, dan batuk. Apalagi kabin mobil merupakan area tertutup dengan sistem sirkulasi AC yang juga hanya berputar di dalam mobil,” ujarnya.

Kedua, ia sangat menyarankan untuk selalu membawa hand sanitizier. Sangat disarankan untuk selalu menggunakan cairan itu sebelum masuk dan setelah keluar mobil. Supaya memudahkan dan tetap bisa dibawa keluar mobil, sediakan hand sanitizer dalam kemasan 60 hingga 100 mililiter.

Selanjutnya, ia juga menyarankan untuk selalu membersihkan kabin mobil. Mengingat, corona bisa ditularkan melalui percikan air liur yang tersebar melalui batuk atau bersin oleh orang yang terinfeksi virus ini. Alhasil, wajib hukumnya bagi pengendara untuk membuat kabin mobil selalu bersih.

“Sediakan cairan interior cleaner yang banyak dijual di toko online atau toko aksesoris mobil. Untuk bahan kulit bisa menggunakan leather cleaner. Aplikasikan setiap pagi sebelum mengemudi,” kata dia.

Selanjutnya, pengendara juga perlu menyemprotkan anti bakteri ke dalam kabin mobil, terutama bagian yang sering tersentuh seperti setir, pintu, tuas transmisi, konsol tengah, serta kontrol AC dan audio di tengah dashboard. Beberapa anti bakteri kini pun dilengkapi pewangi yang membuat suasana kabin jadi terasa lebih segar dan nyaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement