Kamis 26 Mar 2020 17:50 WIB

Keluarga Korban Penembakan Christchurch Maafkan Pelaku

Pelaku penembakan Christchurch mengakui kesalahannya.

Rep: Ratna AJeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Keluarga Korban Penembakan Christchurch Maafkan Pelaku. Foto: Pembantaian keji di Masjid Christchurch.
Foto: Republika.co.id
Keluarga Korban Penembakan Christchurch Maafkan Pelaku. Foto: Pembantaian keji di Masjid Christchurch.

REPUBLIKA.CO.ID, CHRISTCHURCH -- Seorang pria yang istrinya ditembak mati oleh pelalu penembakan di Masjid Al Noor Christchurch, Selandia Baru Brenton Tarrant, mengatakan hal paling penting terhadap pengakuan bersalah adalah pengampunan.

Pagi ini, Kamis (26/3) Tarrant warga Australia berusia 29 tahun mengaku bersalah atas 5 pembunuhan. Dia juga mengakui 40 dakwaan percobaan pembunuhan terkait dengan dua serangan di Masjid Al Noor dan Pusat Islam Linwood pada 15 Maret 2019. Dia juga mengaku bersalah atas satu tuduhan terlibat dalam tindakan teroris yang diatur dalam Terrorism Suppression Act 2002.

Baca Juga

Permohonannya dicatat dalam sidang yang diatur di Pengadilan Tinggi di Christchurchdan terkesan terburu-buru. The Herald adalah satu dari hanya segelintir organisasi media yang diizinkan di ruang sidang.

Salah satu wanita yang ditembak mati dan diakui oleh Tarrant adalah Husna Ahmed. Ibu satu anak berusia 44 tahun itu terbunuh ketika dia berlari kembali ke masjid Al Noor untuk menemukan suaminya Farid, yang menggunakan kursi roda. Sebelumnya dia telah mengarahkan wanita dan anak-anak ke tempat yang aman sebelum berlari kembali untuk membantu orang lain.

Beberapa hari setelah serangan itu, Farid Ahmed mengejutkan dunia dengan memaafkan pembunuh istrinya. Hari ini dia mengulangi pesan itu.

"Sangat bagus tidak akan ada uji coba, emosional akan berkurang untuk beberapa orang. Saya pikir Tarrant telah mengambil arah yang benar, ada baiknya dia menyadari bahwa dia telah melakukan sesuatu yang salah,"jelas dia dilansir di nzherald.co.nz.

Farid Ahmed mengatakan bahwa dia terjebak oleh setiap kata yang dia katakan tentang pria bersenjata itu pada 18 Maret tahun lalu, ketika dia menunggu di rumah untuk jenazah istrinya dikembalikan kepadanya.

"Dalam 24 jam saya memaafkannya bahwa saya mencintainya sebagai saudara sesama manusia tetapi saya tidak mendukung apa yang telah dilakukannya," kata dia.

Farid bahkan mencintainya seperti saudaranya sendiri. Dia pun masih berdoa untuk Tarrant agar Allah membimbingnya ke jalan yang benar.

"Dia masih muda dan apa pun kehidupan yang telah dia tinggalkan, saya berdoa agar dia menjadi baik, saya berdoa agar dia tidak memiliki masa depan menjadi pembunug tetapi masa depan untuk menyelamatkan orang.

Farid percaya setiap orang memiliki potensi untuk menjadi orang baik, orang hebat. Farid Ahmed memiliki pesan terakhir untuk si pembunuh.

"Aku berharap dia baik-baik saja. Dan saya berharap keluarga semua korban baik-baik saja dan berharap ini memberikan sedikit kelegaan bagi mereka. Saya berdoa agar semua orang memiliki kedamaian,"jelas dia.

Omar Nabi, yang ayahnya Haji Daoud Nabi terbunuh dalam serangan itu, mengatakan bahwa dia mengetahui permohonan bersalah tepat ketika dia akan pergi sholat.

"Sudah waktunya. Permohonannya seharusnya lebih awal tapi bagus dia berubah pikiran. Dan bagus itu selesai," katanya.

Lagipula seharusnya tidak ada persidangan. Pada akhirnya buktinya ada dan dia tertangkap basah. Nabi berkata bahwa dia melakukan yang terbaik untuk memaafkan seperti yang diajarkan agamanya, meskipun itu sulit.

"Aku sama dengan 50 keluarga lain, hal pertama yang ada di benak mereka adalah memaafkan pria ini karena ia disesatkan. Tapi tentu saja sudah menjadi sifat kita bahwa jika seseorang menyakiti ayahmu, ibumu, kakakmu, yah. Tapi aku mencoba untuk memiliki kedamaian,"jelas dia.

Mungkin lebih mudah untuk memaafkan setelah dijatuhi hukuman, kata Nabi, dan ketika jelas pria itu akan menjalani waktunya dan mendapatkan hukumannya.

"Dan aku tahu bahwa Tuhan akan memberinya hukumannya sendiri. Sama seperti di bumi, kamu dihukum, dan ketika kamu mati jiwamu akan diadili,"jelas dia.

Korban yang selamat Hisham Alzarzour, yang ditembak beberapa kali oleh Tarrant juga bereaksi terhadap berita tersebut.

Dia berencana menghadiri persidangan. "Itu bagus,  bahwa dia mengaku bersalah, sangat bagus tidak akan ada pengadilan."

Begitu juga Istri Alzarzour, Susan, hampir tak bisa berkata-kata mendengar berita itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement