Kamis 26 Mar 2020 20:31 WIB

Deretan Sarjana Barat yang Akui Kemuliaan Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW dianggap mulia oleh sejumlah sarjana Barat.

Nabi Muhammad SAW dianggap mulia oleh sejumlah sarjana Barat. R
Foto: smileyandwest.ning.com
Nabi Muhammad SAW dianggap mulia oleh sejumlah sarjana Barat. R

REPUBLIKA.CO.ID, Allah SWT memberikan gelar keistimewaan kepada Nabi Ibrahim dan Muhammad SAW sebagai uswatun hasanah atau teladan yang baik bagi umat manusia. 

Difirmankan dalam Alquran, “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS Al Ahzab [33]: 21).

Baca Juga

Dalam ayat lain disebutkan pula, "Sesungguhnya telah ada teladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengan dia.” (QS Al Mumtahanah [60]: 6). 

"Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang imam yang dapat dijadikan teladan lagi patuh kepada Allah dan hanif. Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan." (QS An Nahl [16]: 120-123).

 

Di antara keduanya, Allah SWT akhirnya memilih Rasulullah SAW sebagai manusia paling mulia. Puncak penghargaan Allah kepada beliau adalah dengan mengangkatnya menjadi nabi akhir zaman. Ajaran yang dibawanya menjadi ajaran paling sempurna dan menutup ajaran nabi-nabi sebelumnya.

Ajarannya pun tidak hanya berlaku bagi segolongan umat, tapi berlaku bagi umat-umat setelahnya. Karena itulah, Allah SWT menggelarinya sebagai Nabi Pembawa Rahmat bagi seluruh alam; Nabi yang rahmatan lil 'alamin. "Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam," demikian Allah berfirman dalam QS Al Anbiyaa [21] ayat 107.

Gelar yang disandang Rasulullah SAW sebagai manusia, sebagai nabi, rasul, ulul azmi minarrasul, uswatun hasanah, dan pembawa rahmatan lil 'alamin, tak pelak lagi menjadikan beliau sebagai makhluk paling mulia yang pernah diciptakan Allah SWT.

Karena posisinya yang sangat "strategis", Allah SWT mendesain sekaligus memandu sejarah kehidupan beliau sedemikian rupa. Penampilan fisik, ucapan, perbuatan, hingga tahap-tahap kehidupan Rasulullah SAW, sejak dalam kandungan hingga wafat, sarat dengan hikmat yang layak dikaji dan diteladani semua orang. Tempat beliau dilahirkan, orang-orang yang berinteraksi dengan beliau, hingga zaman tatkala beliau hidup, sarat dengan dinamika pembelajaran.

Sebagai implikasi dari gelar uswatun hasanah dan rahmatan lil a'lamin, hampir semua aspek dan fungsi kehidupan manusia pernah pula beliau dijalani. Rasulullah SAW pernah menjadi suami, dan beliaulah suami yang paling baik terhadap istri dan anak-anaknya. Rasul pernah menjadi pedagang, dan beliaulah pedagang yang terkenal paling jujur. 

Rasul pernah pula menjadi kepala negara, dan beliau lah kepala negara yang paling cakap, bijak, dan paling berpengaruh. Rasul pun pernah menjadi panglima perang, pendidik, atau seorang anak. Hebatnya, dalam setiap aspek beliau selalu tampil sebagai yang terbaik dan tersukses.

Dari kenyataan ini, sangat beralasan bila setiap ucapa dan gerak-gerik beliau terus diabadikan. Bahkan, keduanya juga dijadikan standar perilaku setiap Muslim hingga akhir zaman.

Tak terhitung pula tulisan sejarah yang mengangkat perjalanan hidup Beliau, entah itu dari para cendekiawan Muslim hingga para cendekiawan non-Muslim. Semuanya berkesimpulan: "Muhammad adalah manusia teragung dalam sejarah manusia".

Annie Besant, seorang filsuf sosialis Inggris, mengatakan, "Mustahil bagi siapapun yang mempelajari kehidupan dan karakter Muhammad SAW hanya mempunyai perasaan hormat saja terhadap Nabi mulia itu. Ia akan melampauinya sehingga meyakini bahwa beliau adalah manusia terbesar yang diturunkan sang Pencipta".

Sebagai tambahan, Michael H Hart dalam buku "Seratus Tokoh" menempatkan Rasulullah SAW sebagai orang yang paling berpengaruh dalam sejarah. Thomas Carlyle dalam "On Heroes, Hero, Worship & the Heroes in History" menempatkan Rasul sebagai orang terpenting dari segi kepahlawanan.

Marcus Dodds dalam "Muhammad, Budha, & Christ" menempatkan Rasul sebagai tokoh paling berani secara moral. Will Durant dalam "The Story of Civilization in the World" menempatkan Rasul sebagai orang pertama dilihat dari hasil karyanya. Demikian pula dalam "Muhammad al-Rasul wa al-Risalah," Nazame Luke menempatkan ajaran Rasul sebagai yang paling sempurna.  

 

 

 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement