Sabtu 28 Mar 2020 13:47 WIB

PMI Lakukan Penyemprotan Disinfektan secara Massal

PMI telah melakukan penyemprotan di 6.839 titik di 131 kabupaten/kota

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Esthi Maharani
Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Pusat menyemprotkan cairan disinfektan di pemukiman padat penduduk  di kawasan Kebon Melati, Jakarta, Sabtu (28/3). Penyemprotan yang dilakukan di tiga kelurahan diantaranya Kelurahan Kebon Melati, Kelurahan Petamburan, Kelurahan Kebon Kacang sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus corona COVID-19 di area tersebut
Foto: Thoudy Badai/Republika
Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Pusat menyemprotkan cairan disinfektan di pemukiman padat penduduk di kawasan Kebon Melati, Jakarta, Sabtu (28/3). Penyemprotan yang dilakukan di tiga kelurahan diantaranya Kelurahan Kebon Melati, Kelurahan Petamburan, Kelurahan Kebon Kacang sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus corona COVID-19 di area tersebut

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk membantu pencegahan dan sebagai upaya mitigasi wabah virus corona (Covid-19), Palang Merah Indonesia (PMI) memaksimalkan penyemprotan disinfektan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Sampai dengan Jumat (27/03), PMI telah melakukan penyemprotan di 6.839 titik di  131 kabupaten/kota meliputi 26 provinsi di Indonesia.

“Fokus PMI akan membantu masyarakat di bidang mitigasi dan mencegah penularan.  Penyemprotan disinfektan dilakukan untuk mencegah atau minimal menghambat penularan," kata Ketua Umum PMI Jusuf Kalla seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Sabtu (28/3).

Ia menambahkan, provinsi  DKI Jakarta yang menjadi episentrum penyebaran Covid-19 menjadi target penyemprotan secara massal, dengan target 600 titik penyemprotan / hari. Tercatat sekitar 1.500 titik telah dilakukan penyemprotan di wilayah DKI Jakarta dengan mengerahkan sekitar 3.000 personel relawan.

Ia menambahkan, lokasi penyemprotan difokuskan di area-are seperti rumah-rumah ibadah, sekolah, pasar, perkantoran, dan gedung pemerintahan. Untuk mendukung upaya penyemprotan secara massal di DKI Jakarta, PMI Pusat telah mengririmkan 10 unit motor roda tiga bentor beserta peralatan penyemprotan dan alat pelindung diri (APD) bagi para relawan di seluruh PMI Kab/Kota yang tersebar di wilayah DKI Jakarta. Bentor digunakan sebagai alat transportasi untuk membawa peralatan penyemprotan.

"Kami berharap kegiatan ini akan banyak diikuti oleh kelompok maayarakat lainnya," katanya.

Selain untuk mendukung aksi di Jakarta, PMI Pusat juga telah membuat gudang darurat untuk penanganan Covid-19 bertempat di halaman Gedung Smesco di Jakarta. Gudang logistik darurat ini untuk menampung berbagai sarana dan prasarana pendukung upaya penanganan Covid-19 oleh PMI, seperti 120 unit mobil tangki air yang dimodifikasi menjadi kendaraan penyemprotan disinfektan, kendaraan pick up sebanyak 230 unit, dan peralatan penyemprotan serta cairan disinfektan. 

Untuk mendukung kegiatan PMI menangani Covid-19, PMI membuka rekening donasi di: Bank Mandiri: 070-00-0996190-0 atas nama Palang Merah Indonesia, Bank Central Asia (BCA): 206.300668.8 atas nama Kantor Pusat PMI

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi seputar Covid-19, PMI membuka Hotline di nomor 021-7992322 atau melalui media sosial Twitter @palangmerah (dengan mencantumkan #TanyaPMI #CegahCovid19) dan Instagram palangmerah_indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement