Ahad 29 Mar 2020 17:17 WIB

Ribuan Pekerja Migran Indonesia Pulang Lewat Batam

Ribuan pekerja migran Indonesia dari Malaysia pulang ke Tanah Air melalui Kota Batam

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Ribuan pekerja migran Indonesia dari Malaysia pulang ke Tanah Air melalui Kota Batam. Ilustrasi.
Foto: ANTARA/Aswaddy Hamid
Ribuan pekerja migran Indonesia dari Malaysia pulang ke Tanah Air melalui Kota Batam. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM - Ribuan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia pulang ke Tanah Air melalui Kota Batam, Kepulauan Riau. Mereka pulang ke Indonesia terkait dengan kebijakan lockdown oleh pemerintah Negeri Jiran dalam mengantisipasi Covid-19.

"Mulai Sabtu (28/3) kedatangan dari Singapura dan Malaysia, khususnya tenaga kerja Indonesia," kata Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam Azril, di Batam, Ahad.

Baca Juga

Ia mengatakan setiap PMI yang tiba pada Ahad (29/3) langsung didata dan dicek kesehatannya di pelabuhan. Ini berbeda dengan kedatangan PMI sebelumnya yang langsung dibawa ke Asrama Haji Batam untuk didata dan dicek kesehatan.

PMI yang merupakan warga Batam diizinkan untuk kembali ke rumah untuk melakukan isolasi mandiri. "Yang transit dan hari itu juga melakukan perjalanan ke tempat asal akan dihubungi daerah asalnya untuk dikoordinasikan pemantauannya," kata Azril yang juga Kepala Dinas Kominfo Kota Batam.

 

Sedangkan PMI yang transit tapi masih menunggu jadwal keberangkatan ditampung di Asrama Haji Batam. Kesehatan seluruh PMI tersebut, kata dia, akan dipantau di daerah asalnya.

Ada 1.322 PMI yang tiba di Batam pada Sabtu melalui Pelabuhan Internasional Batam Centre sebanyak 1.103 orang dan Pelabuhan Harbour Bay 219 orang. Sebanyak 16 orang di antaranya menginap di Asrama Haji. Menurut Azril, semuanya tidak memiliki gejala sakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement