Selasa 31 Mar 2020 08:03 WIB

Enam Anggota Kongres AS Didiagnosis Virus Corona

Enam anggota Kongres positif corona, anggota lainnya dikarantina

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Gedung Kongres Amerika Serikat di Washington. Enam anggota Kongres Amerika Serikat positif corona. Ilustrasi.
Foto: AP/Susan Walsh
Gedung Kongres Amerika Serikat di Washington. Enam anggota Kongres Amerika Serikat positif corona. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Setidaknya enam anggota Kongres Amerika Serikat (AS) mengumumkan mereka melakukan kontak dengan virus corona. Lebih dari 30 anggota lainnya melakukan karantina untuk menahan penyebaran pandemi.

Kongres sudah meloloskan 2,2 triliun dolar AS undang-undang bantuan krisis virus corona dan Presiden AS Donald Trump sudah menandatanganinya menjadi hukum. Baik House of Representative maupun Senat tidak akan kembali ke Washington hingga 20 April.

Baca Juga

Akan tetapi diperkirakan sekitar 230 anggota House akan kembali ke Washington pada Jumat (3/4) mendatang untuk meloloskan paket bantuan tersebut. Mereka akan datang walaupun mereka menghadapi risiko kesehatan dan larangan berkumpul di Capitol Hill.

Anggota Representative dari Partai Republik Thomas Massie mengatakan ia akan menghalangi diloloskannya undang-undang itu apabila setidaknya setengah dari 430 anggota Representative hadir. Pada Selasa (31/3) anggota Representative dari Partai Demokrat Nydia Velazquez mengumumkan ia didiagnosis gejala virus corona. Walaupun ia belum dites tapi ia mengalami gejala-gejala virus yang dikenal dengan Covid-19 itu.

Pada Jumat (27/3) lalu anggota Representative dari Partai Republik Mike Kelly juga melaporkan ia dites Covid-19 melalui layanan pemeriksaan drive-through. Dalam pernyataannya, Kelli mengatakan ia mengalami gejala flu ringan dan dokternya memerintahkan untuk melakukan tes corona.

Anggota Representative Joe Cunningham, Senator Rand Paul, Representative Mario Diaz-Balart, dan Representative Ben McAdams adalah empat angggota Kongres yang menyatakan positif Covid-19. McAdams sempat dirawat di rumah sakit tapi sudah diizinkan pulang.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement