Selasa 31 Mar 2020 19:37 WIB

Berapakah Usia Nabi Adam Selama Hidup di Dunia?

Ada sejumlah riwayat perihal usia Nabi Adam di dunia.

Ada sejumlah riwayat perihal usia Nabi Adam di dunia. Jejak ini diklaim bekas telapak kaki Nabi Adam AS di Srilanka
Ada sejumlah riwayat perihal usia Nabi Adam di dunia. Jejak ini diklaim bekas telapak kaki Nabi Adam AS di Srilanka

REPUBLIKA.CO.ID, Nabi Adam tinggal di Makkah beserta keluarganya.  Di antara pertanyaan menggelitik sejumlah sejarawan adalah berapakah usia Nabi Adam AS?

Adam, menurut sebagian riwayat, ia hidup hingga berusia 1000 tahun. Riwayat lainnya menyebutkan, usianya antara 950-1000 tahun. Jarak antara Adam dan Nuh juga 1000 tahun atau 10 abad. 

Baca Juga

Demikian keterangan Ibnu Katsir dalam kitabnya Al-Bidayah wa an-Nihayah. Ibnu Katsir menjelaskan, ada seseorang bertanya, “Ya, Rasulullah, apakah Adam seorang nabi?” Rasul SAW menjawab, “Ya, nabi yang diberikan wahyu.” Orang itu kembali bertanya, “Berapa lama rentang waktu antara Adam dan Nuh?” Nabi SAW menjawab, “Sepuluh abad.” (HR Muslim).

Dalam buku Atlas Sejarah Nabi dan Rasul, Sami al-Maghluts menjelaskan, Adam diperkirakan hidup tahun 5872-4942 Sebelum Masehi (SM). Sedangkan, Nabi Nuh diperkirakan hidup sekitar tahun 3993-3043 SM (usia 950 tahun). Lihat juga penjelasan Ahmad al-Usairy dalam Tarikh al-Islamy. 

Menurut beberapa riwayat, Adam dimakamkan di Gunung Qasiyun, di daerah Damaskus. Syauqi Abu Khalil dalam Athlas Alquran, menjelaskan di Gunung Qasiyun yang menjulang tinggi di Kota Damaskus dari arah utara, terdapat satu gua yang bernama Magharatud dan yang berarti gua darah. Gua ini sangat terkenal. Oleh sebagian masyarakat umum, tempat itu diyakini sebagai tempat Qabil membunuh saudaranya, Habil.

Lokasinya terletak di sebelah kanan jalan dari arah Damaskus menuju Zabdani dan Balaudan. Sementara itu, di wilayah itu, gunung yang menjulangh tinggi di atas lembah Sungai Bardi terdapat satu kuburan yang panjangnya kira-kira 15 meter. Sebagian masyarakat meyakini, tempat itu sebagai kuburan Habil. 

 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement